Home / SPORT / Barongsai Dilombakan pada PON 2016
DILOMBAKAN - KONI memasukkan barongsai sebagai salah satu cabang olahraga yang dilombakan pada PON 2016.

Barongsai Dilombakan pada PON 2016

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Bentuk pengembangan terhadap olahraga barongsai diapresiasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dengan memasukkan barongsai sebagai salah satu cabang olahraga yang dilombakan pada Pekan Olahraga Nasional 2016 di Jawa Barat.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum KONI Sulsel, Andi Darussalam Tabusalla dalam keterangan tertulisnya kepada pihak penyelenggara Kejuaraan Barongsai Celebes Open 2016 yang dihelat di Mall GTC, Jalan HM Daeng Patompo, Tanjung Bunga, Makassar, Sabtu-Minggu (26-27/3).

Menurutnya, barongsai saat ini tidak lagi sekadar seni bagi warga Tionghoa, tetapi secara parsial sudah menjadi salah satu cabang olahraga bagi masyarakat Indonesia. Pria yang akrab disapa ADS ini juga mengungkapkan, KONI Sulsel berharap barongsai dapat menjadi salah satu cabang olahraga penyumbang medali bagi kontingen Sulsel di PON 2016.

Meskipun tidak sempat hadir dalam pembukaan, akan tetapi Darussalam berharap kegiatan olahraga barongsai yang rutin diselenggarakan manajemen Mall GTC Makassar dan Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI), patut mendapat dukungan dari berbagai pihak.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Pengembangan Tata Ruang dan Lingkungan Pemkot Makassar, Ferdy Amin yang mewakili Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto yang tidak sempat hadir, mengatakan, kegiatan yang menampilkan atraksi barongsai, selain sebagai ajang olahraga berskala nasional juga merupakan salah satu bentuk destinasi seni dan budaya, serta menjadi daya tarik kepariwisataan Kota Makassar.

Baca Juga:   PSM Makassar Gasak Tamunya Persipura Jayapura 4-0

Menurutnya, di luar itu barongsai adalah bentuk asimilasi dari kebudayaan dan kultur Tionghoa dalam persatuan dan kebhinnekatunggalikaan di Indonesia. “Pemkot Makassar mendukung kegiatan barongsai, karena inilah bentuk persatuan (budaya) yang menjadi kekuatan bangsa,” ujar Ferdy.

Sekitar 20 tim barongsai, baik dari dalam dan luar Kota Makassar saling beradu mempertunjukkan kemampuannya dalam beberapa kategori, seperti tonggak, lantai, dan rintangan.

Kejuaraan Barongsai Celebes Open 2016 resmi dibuka, Sabtu (26/3), dihadiri Ketua Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Makassar, Yonggris, Staf Ahli Bidang Pengembanga Tata Ruang dan Lingkungan Pemkot Makassar, Ferdy Amin, Marketing Communication Manager Mall GTC Makassar, Nawa Pamungkas, dan Sekretaris Persatuan Seni Olahraga Barongsai (Persobarin) Sulsel, Syahril Ge yang juga selaku ketua panitia kejuaraan kali ini.

Komentar

Check Also

Bosowa Runners Berlari di 4 Event Lari di 2 Negara

Komunitas lari Bosowa Runners (BR) berlari di empat event lari di dua negara, Minggu (8/4/2018) lalu.