Home / BUDAYA / Hih, Seram! Ada Arwah yang Menikah dengan Manusia
ARWAH - Di dunia maya, beberapa foto yang beredar terkait pernikahan antara arwah dengan manusia telah menjadi viral.

Hih, Seram! Ada Arwah yang Menikah dengan Manusia

MEDIAWARTA.COM – Menikahkan arwah keluarga dengan manusia? Secara rasional, orang yang mendengar fenomena ganjil tersebut pasti akan tersenyum sekaligus bergidik karena dianggap mustahil dilakukan.

Pasalnya, menikahkan mendiang keluarga yang sudah meninggal, bahkan ada yang sudah meninggal puluhan tahun lalu dianggap hal yang sangat absurd. Tetapi jangan salah, itu bisa saja terjadi, bahkan mungkin dilakukan pada era digital yang dipenuhi euforia modernisasi, jauh dari kisah terkesan mistis tersebut.

Di dunia maya, beberapa foto yang beredar yang menggambarkan pernikahan antara arwah (kadang disebut hantu) dengan manusia, atau bahkan arwah dengan arwah, sudah menjadi viral dan membuat penasaran beberapa komunitas yang memang ingin membuktikan keberadaan hantu.

Dalam masyarakat kalangan ortodoks Tionghoa di Tiongkok, pernikahan dengan arwah, biasanya dilakukan pada perayaan Qingming. Qingming sendiri adalah kegiatan ziarah kubur leluhur yang masih dilakukan kebanyakan warga Tionghoa, dikenal juga sebagai Chengbeng atau secara harfiah disebut Hari Para Arwah. Di Tiongkok dan juga di negara-negara dengan mayoritas etnik Tionghoa, tradisi Qingming biasanya dimulai setiap 4-5 April.

Pernikahan dengan arwah (mayat) pernah terjadi pada 1920 di sebuah desa kecil di Guandong, Tiongkok. Di dusun itu, ada seorang gadis berumur 17 tahun dari keluarga berada. Ia sudah dijodohkan dan bertunangan dengan pemuda bernama Wang Hai De yang berumur 19 tahun. Sayangnya, gadis itu meninggal karena suatu penyakit.

Pemuda itu akhirnya melarikan diri dengan dalih bergabung masuk militer. Namun, keluarga gadis yang berada itu, berhasil membawa pemuda kembali ke dusunnya. Di sana, diadakanlah upacara pernikahan. Saat itu, si gadis sudah meninggal selama enam hari. Keluarganya menyangga tubuh gadis dengan tonggak kayu, sehingga berdiri layaknya manusia yang masih hidup.

Kejadian tersebut diklaim sebagai pernikahan pertama antara manusia dan arwah yang terjadi di dunia. Namun, banyak orang tua di Tiongkok menyanggah klaim tersebut, dan mengatakan pernikahan manusia dengan arwah sudah dilakukan pada awal era dinasti-dinasti kekaisaran Tiongkok kuno.

Komentar

Check Also

Ini uang panai orang Tionghoa

MEDIAWARTA.COM – Ini uang panai orang Tionghoa. Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya, …