Makna Kata Ewako

MEDIAWARTA.COMEwako atau rewako adalah sebuah kata yang akrab di telinga masyarakat Sulawesi Selatan, khususnya Bugis Makassar.Para suporter PSM memekikkan Ewako PSM ketika tim kebanggaannya berlaga di lapangan hijau. Rewako Gowa juga terukir indah pada sebuah tebing, sebelum masuk ke kota bunga Malino. Kata tersebut telah berfungsi sebagai pembakar solidaritas masyarakat Sulawesi Selatan.

Menurut Kamus Populer Inggris-Makassar, Indonesia-Makassar, kata rewako merupakan terjemahan dari kata berani dalam bahasa Indonesia, dan brave dalam bahasa Inggris. Keberanian masyarakat Bugis-Makassar tergambar dalam semboyan pelaut Bugis-Makassar Sekali layar terkembang, pantang biduk surut ke pantai.

Kata ewako kadang juga dikonotasikan negatif, apabila kita tidak memahami makna sebenarnya dengan tepat. Ewako dapat dipahami hanya sebuah kata emosional dari seseorang yang menantang orang lainnya untuk berkelahi.

Untuk itu kita harus memaknai kata ewako dengan tepat. Salah satu perspektif untuk memaknai kata ewako ialah dengan menggali dan menghayati nilai-nilai kultural masyarakat Bugis-Makassar itu sendiri.

Salah satu perspektif untuk memaknai kata ewako ialah dengan menggali dan menghayati nilai-nilai kultural masyarakat Bugis-Makassar itu sendiri.

Teai Mangkasara Punna Bokona Loko. Sepenggal peribahasa yang menunjukkan sebuah simbol keberanian orang Makassar, yang pantang mundur dalam menghadapi masalah. Sama persis dengan peribahasa Bugis yang berbunyi Majeppu tania ugi,narekko tania arona maloo. Ini sangat berkaitan dengan semangat ewako yang dimiliki orang Bugis-Makassar.

Semangat dan jiwa keberanian ini pula yang mengantarkan orang-orang Bugis-Makassar berkeliling nusantara melawan penjajah, dan sekaligus menuntut balas atas kekalahan mereka. Kita baca dalam sejarah, bagaimana sepak terjang dan keberanian Karaeng Galesong di Madura, Syech Yusuf di Banten atau Raja Haji Fisabililah di bumi Melayu.

Mereka adalah contoh kecil dari banyak tokoh Makassar yang menorehkan sejarah di bumi persada maupun di mancanegara, yang jasa-jasa dan hasil perjuangannya tetap terkenang abadi sampai saat ini.

Comment