Home / NEWS / Wali Kota Makassar Bagikan Kantong Sampah Sortir
KANTONG SAMPAH MTR - Wali Kota Makassar mengimbau penggunaan kantong sampah sortir guna implementasi MTR.

Wali Kota Makassar Bagikan Kantong Sampah Sortir

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Inovasi Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto membawa Kota Makassar dua kali tambah baik, seakan tak pernah henti. Satu lagi ide brilian yang diciptakannya, yakni penggunaan kantong plastik sortir untuk sampah rumah tangga, sehingga pengurangan sampah bisa langsung dari rumah dan produksi sampah rumah juga sudah tersortir menurut jenisnya.

Seperti yang terlihat di kediaman pribadinya, Rabu (16/3), Ramdhan mulai membagikan sekitar dua juta kantong sampah sortir kepada masyarakat melalui camat dan pengelola Bank Sampah.

Ini pertama kali di Indonesia, belum ada di tempat lain yang menggunakan kantong sortir untuk memilah sampah langsung dari rumah warga, terangnya.

Menurut Ramdhan, kantong sampah ini terbagi empat jenis untuk dua kategori, yakni kategori untuk warga yang bermukim di lorong dan yang tinggal di area umum. Adapun empat jenis kantong plastik sampah sortir, yakni sampah organik, plastik, kertas, dan kaleng.

Baca Juga:   Pameran Wallacea Hadir di Atrium Nipah Mall

Khusus bagi warga kurang mampu, akan mendapatkan kantong sampah berwarna oranye, sementara bagi masyarakat yang dianggap mampu akan diberikan warna hijau, bebernya.

Masing-masing kategori akan mendapatkan empat jenis kantong sampah per rumah tangga. Sebagai sosialisasi, tahap semua kategori akan dibagikan secara gratis. Namun, tahap selanjutnya bagi keluarga mampu sudah harus membeli di toko-toko yang menyediakan kantong ini apabila rusak, kecuali untuk kategori yang diberikan kepada warga prasejahtera yang digratiskan selamanya.

Kantong yang juga disebut Kantong Sampah MTR, memiliki ketahanan lebih karena ketebalan plastik yang digunakan lima milimeter. Untuk satu kantong, mampu memuat setengah kubik sampah. Selain itu, bahan yang digunakan juga anti tikus sehingga aman dari gangguan binatang pengerat, imbuh Ramdhan

Komentar

Check Also

BELAJAR RENANG KINI SEMAKIN MUDAH DI FOUR POINTS MAKASSAR

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Berbicara mengenai aktivitas di hari senin tak akan lepas dari yang namanya …