BUAH KIWI - Buah kiwi awalnya berasal dari Tiongkok. Dalam perkembangannya, buah ini justru berkembang pesat di Selandia Baru karena iklimnya yang cocok.

Ingin Anak Cerdas? Konsumsi Buah Asal Tiongkok Ini

MEDIAWARTA.COM – Buah kiwi atau dalam bahasa Latin, actinidia deliciosa, awalnya berasal dari Tiongkok. Namun, dalam perkembangannya buah kiwi justru berkembang pesat di Selandia Baru karena iklimnya yang cocok, serta pengelolaan pertaniannya yang baik.

Di Tiongkok, buah kiwi disebut mihoutao yang bisa diartikan sebagai monkey peach atau persik monyet. Buah tersebut memang disukai monyet-monyet liar kala itu. Pada 1904, seorang guru bernama Isabel Fraser, membawa mihoutao ke Selandia Baru, dan setelah beberapa kali berganti nama, kini buah tersebut disebut buah kiwi.

Alam Selandia Baru yang cocok dengan tanaman itu serta pengelolaan pertaniannya yang baik, membuat buah kiwi menjadi salah satu produk unggulan negara tersebut. Bahkan, para petani di Selandia Baru kini sudah mengembangkan buah kiwi dengan daging buah berwarna kuning dan rasanya manis. Awalnya, daging buah kiwi identik dengan warna hijau dengan rasa yang agak asam.

Buah kiwi berbentuk oval berukuran sebesar telur ayam. Kulit buahnya berwarna hijau kecoklatan, daging buahnya berwarna hijau terang dengan biji berwarna hitam kecil. Sepeti yang diulas, buah kiwi kini juga berkembang menjadi varietas baru lantaran dagingnya ada yang berwarna kuning. Keberhasilan Selandia Baru mengembangkan buah kiwi membuat buah tersebut menjadi produk ekspor yang mereka andalkan.

Baca Juga:   Malam ini, Tayang Perdana Film Series "Badboys" Garapan Kingdoms

Di luar itu, buah kiwi juga memiliki banyak fungsi kesehatan untuk orang yang mengkonsumsinya. Di antaranya, meningkatkan kesuburan reproduksi bagi yang belum juga dikarunia buah hati meski telah lama menikah. Pasalnya, mengkonsumsi buah kiwi mungkin bisa menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kesuburan reproduksi.

Buah kiwi kaya akan asam folat, zat inilah yang sangat berperan terhadap peningkatan kesuburan reproduksi, baik pria maupun wanita. Bagi yang tengah hamil, buah kiwi bakal mengoptimalkan perkembangan otak janin.

Asam folat dalam buah ini merupakan salah satu nutrisi penting yang menunjang perkembangan otak janin. Cacat tabung syaraf (spina bifida) juga dapat dicegah dengan buah yang satu ini.

Sekadar diketahui, mengkonsumsi buah kiwi selama kehamilan bisa pula menjadi salah satu cara yang dapat ditempuh jika ingin memiliki bayi yang cerdas nantinya.

Komentar

Check Also

Pertamina Gelar Talk Show Hidup Sehat Bareng Ade Rai

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Salah satu acara di Opening Ceremony, dibidang kesehatan yang digelar oleh Pertamina …

Share This
Mediawarta