Nissan Umumkan Pemenang Nissan March In Vashion 2016

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mengumumkan Stephanus Sylvester dari Jakarta sebagai pemenang kompetisi desain fashion terbesar di Indonesia, Nissan March In Vashion (MIV) 2016, Senin (25/4/2016).

Karya Stephanus yang memiliki tema Urban Ruby Red berhasil menyisihkan lebih dua ribu karya lainnya dari 860 peserta di Indonesia.

President Director NMI, Antonio Zara, mengatakan, kompetisi Nissan MIV mencari para desainer berbakat Indonesia yang terinspirasi semangat Fashionably Smart Nissan March. Kami berharap, Nissan MIV dapat menjadi sarana bagi generasi muda untuk menuangkan ide-ide kreatif dan inovasi mereka di industri fashion, terangnya dalam keterangan tertulisnya kepada MediaWarta.com.

Menurutnya, memasuki tahun kedua penyelenggaraan, kompetisi desain fashion Nissan MIV menjadi semakin kompetitif. Ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah peserta dan karya yang masuk. Karya-karya tersebut mencerminkan sisi kreativitas peserta dan orisinalitas karya yang tinggi, sehingga membuat kompetisi menjadi semakin bergengsi.

Nissan MIV 2016 membawa tema Inspiration Du Jour, sebuah konsep desain pakaian yang ready-to-wear dengan semangat yang merepresentasikan desain masa kini yang trendi. Sembilan finalis terpilih telah menciptakan karya desain yang sesuai dengan inspirasi tiga karakter Nissan March, yaitu Urban Ruby Red yang merepresentasikan karakter edgy, fierce danfearless, Natural Pearl White yang merepresentasikan simple, chicdaneco-friendly, dan Lively Sky Blue yang merepresentasikan urban, dynamic, dan lively.

Kesembilan finalis tersebut telah mengikuti proses karantina yang berlangsung 21-23 April 2016, dan mendapatkan rangkaian workshop yang diberikan lima fashion ikon Indonesia sekaligus dewan juri kompetisi Nissan MIV 2016.

Juri tersebut di antaranya Dana Maulana dan Liza Masithadari label Danjyo Hiyoji (fashion designer), Cynthia Wirjono (wirausahawan ritelf ashion), Ajeng Dewi Svastiari (fashion stylist), dan Diana Rikasari (fashion blogger).

General Manager Marketing Strategy NMI, Budi Nur Mukmin, mengatakan, selama program karantina, finalis belajar mengubah sketsa desain mereka menjadi suatu mahakarya agar pantas berada di panggung fashion show.

“Hal ini sejalan komitmen Nissan untuk memperkaya hidup dan pengalaman seseorang dalam merealisasikan impian mereka,” imbuhnya.

Adapun daftar pemenang Nissan MIV 2016 beserta hadiahnya, juara satu diraih Stephanus Sylvester dari Jakarta dengan karya Urban Ruby Red (hadiah satu unit Nissan March dan beasiswa program fashion internasional. Juara kedua, Ryan Koto dari Jakarta dengan karya Lively Sky Blue (hadiah uang tunai sebesar Rp 25 juta dan beasiswa program fashion internasional). Juara ketiga, Alifia Maqnuun dari Bandung dengan karya Urban Ruby Red (hadiah uang tunai Rp 15 juta dan beasiswa program fashion internasional). Selanjutnya, juara favorit, Sarah Devina Susanto dari Jakarta dengan karya Urban Ruby Red (hadiah uang tunai Rp 10 juta).

“Kami berharap, lulusan Nissan MIV 2016 dapat terus melanjutkan mimpi mereka sebagai fashion designer Indonesia dengan pencapaian yang tidak hanya diakui di kancah nasional tetapi juga internasional,” harap Budi.

Ke depannya, ia berharap Nissan MIV juga akan menjadi kompetisi desain fashion yang paling dinantikan dan menginspirasi desainer muda lainnya untuk terus meningkatkan semangat berkarya mereka di kemudian hari.

Comment