UJI KOMPETENSI - AHM bekerja sama jaringan Main Dealer Honda di seluruh wilayah Indonesia, melakukan uji kompetensi kepada 25.440 siswa dari 477 SMK.

Siapkan Tenaga Terampil, AHM Gelar Uji Kompetensi Teknik Sepeda Motor

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA – PT Astra Honda Motor (AHM) bekerja sama jaringan Main Dealer (MD) Honda di seluruh wilayah Indonesia, melakukan uji kompetensi kepada 25.440 siswa dari 477 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan Teknik Sepeda Motor Honda. Kegiatan ini merupakan upaya perusahaan dalam menyiapkan tenaga muda terampil melalui dunia pendidikan.

Uji kompetensi teknik untuk siswa ini, merupakan bagian dari upaya terintegrasi Program Pendidikan Satu Hati melalui implementasi Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda yang digulirkan AHM bersama jaringannya.

Para siswa SMK binaan AHM kali ini memasuki tahap pengujian dari ilmu teknik sepeda motor Honda yang diperolehnya di bangku sekolah. Proses pengujian dilakukan secara bertahap, yaitu tahap satu di masing-masing SMK, tahap dua di tingkat regional MD, hingga tingkat nasional yang menyaring tenaga-tenaga muda terbaik di bidang teknik sepeda motor dari seluruh Indonesia.

Pada tahap satu, sekitar 25.440 siswa mengikuti uji teori dan praktik yang berisikan materi terkait pemeliharaan dan perbaikan sepeda motor Honda. Materi uji tahap satu dilengkapi berbagai instrumen pengukuran seperti penggunaan alat ukur, pengecekan komponen kelistrikan, penggantian parts, pengecekan sistem injeksi, dan fitur-fitur teknologi. Kegiatan tahap awal uji ini diselenggarakan di 477 sekolah SMK KTSM Honda periode 1 Februari-31 Maret 2016.

General Manager Technical Service Division, Wedijanto Widarso, mengungkapkan, uji kompetensi tahap awal bertujuan untuk mengukur kemampuan para siswa SMK binaan AHM di seluruh Indonesia terhadap kurikulum yang sudah dibuat secara komprehensif oleh AHM bersama jaringannya.

Melalui uji keterampilan yang telah memasuki tahun ketujuh tersebut, AHM berharap kompetensi para siswa SMK akan terus terasah secara berkesinambungan, sehingga dapat tercipta tenaga-tenaga terampil yang mumpuni untuk berkarya bagi bangsa.

“Kami ingin para penerus bangsa ini memiliki keterampilan tinggi di bidangnya untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi maupun bersaing di dunia usaha, baik dengan membuka lapangan pekerjaan ataupun dengan langsung bekerja di berbagai bengkel sepeda motor. Program ini merupakan salah satu upaya kami untuk mengoptimalkanlink and matchantara dunia kerja dan pendidikan. Ini agar dapat menghasilkan lulusan dengan kompetensi tinggi,” harap Wedijanto.

Setelah mengikuti seleksi tahap satu, siswa-siswa terbaik dari setiap SMK binaan AHM mengikuti ujian tahap dua yang dilangsungkan di Training Center Main Dealer Honda di 27 kota. Tercatat, 477 siswa berhasil lolos ke tahap dua. Mereka telah diuji kembali dengan materi yang lebih lengkap, yaitu materi studi kasustroubleshootingsepeda motor Honda.

Para siswa terbaik dari setiap daerah berkesempatan mengikuti seleksi tahap akhir di tingkat nasional pada Juni 2016 di Astra Honda Training Center (AHTC), Jakarta. Seluruh materi uji kompetensi pada setiap tahap, dibuat secara khusus dengan standar pemeliharaan dan perbaikan sepeda motor Honda yang berlaku di seluruh jaringan Honda.

Komentar

Check Also

Kumala Group Bagikan Hadiah Umrah Selama Bulan Ramadhan

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Kumala Group sebagai dealer resmi dari berbagai merek otomotif seperti Wuling, Mazda, …

Share This
Mediawarta