Sensus Ekonomi 2016 Harus Terealisasi Baik

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar terus mendukung komitmen Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel untuk menghasilkan data yang berkualitas. Oleh karena itu, BPS Sulsel semakin gencar mensosialisasikan Sensus Ekonomi (SE) 2016.

Hasil pelaksanaan SE 2016 tersebut, selaras program Nawacita keenam pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kallawi, yaitu meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional, sehingga Indonesia bisa maju dan bangkit bersama bangsa-bangsa Asia lainnya. Sementara Nawacita ketujuh, yaitu mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.

Sosialisasi SE 2016 yang berlangsung di Karebosi Condotel, Jalan Jenderal M Jusuf, Makassar, belum lama ini dihadiri 300 peserta, terdiri camat dan lurah se-Kota Makassar, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 6 Wilayah Sulampua, serta ketua-ketua asosiasi pegusaha.

Wali Kota Makassar, Ramdhan Pomanto dalam arahannya, meminta komitmen seluruh aparat lurah dan camat agar membantu kelancaran SE 2016. Ia berharap, sensus di Kota Makassar menjadi yang tercepat dan terbaik di Indonesia.

Baca Juga:   MaRI dan Nipah Mall Ikuti Anjuran pemerintah, Bergotong- Royong Menekan Jumlah Penularan COVID - 19

“Kegiatan SE 2016, merupakan kegiatan yang sangat penting dan fundamental karena hasil datanya akan dijadikan landasan penyusunan kebijakan dan pembangunan perekonomian,” tegasnya.

Menurut Ramdhan, hasil SE 2016 akan menjawab kebutuhan informasi untuk pengembangan usaha dan peningkatan daya saing bangsa. “Para pemangku kepentingan dan semua pelaku usaha, akan sangat terbantu untuk mengukur kemampuan dan memetakan langkah-langkah strategis selanjutnya dari data ini,” sebutnya.

Ditambahkan, melalui SE 2016, akan terbaca frame pertumbuhan ekonomi, serta tren masyarakat dalam berusaha dalam 10 tahun terakhir. Termasuk melihat persentase seberapa besar masyarakat telah berkontribusi bagi kota, dalam bidang dan usaha apa, sekaligus persentase penduduk di luar Kota Makassar yang beraktivitas ekonomi untuk Kota Makassar.

“Berdasarkan data hasil SE 2016, pemerintah daerah (Pemda) juga dapat menciptakan terobosan untuk mengembangkan sektor-sektor perekonomian potensial, yang nantinya akan mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat,” imbuh Ramdhan.

Komentar

Check Also

Setiap Hari Hotel Claro Berbagi Makanan Gratis

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Program CSR Hotel Claro Makassar yang bernama “CSR Claro Peduli” yang dimulai …

Share This
Mediawarta