Home / BUDAYA / SASTRA DAN SENI / Aan Mansyur Syukuran Peluncuran Buku Puisi AADC2 di MIWF 2016

Aan Mansyur Syukuran Peluncuran Buku Puisi AADC2 di MIWF 2016

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Makassar International Writer Festival (MIWF) 2016 tidak terasa sudah mendekati pengujung acara di hari ketiga, Jumat (20/5/2016). Sejak pagi hingga siang, pukul 10.00-12.00 Wita, Fort Rotterdam sudah dipenuhi pegiat seni dan sastra, terutama penikmat puisi.

Pasalnya, penulis puisi film Ada Apa dengan Cinta 2 (AADC2), M Aan Mansyur, bersama produser dan sutradara film terkait, Mira Lesmana dan Riri Riza, hadir di Kota Daeng untuk mengupas tuntas buku puisi terbaru Aan, “Tidak Ada New York Hari Ini”.

Dalam acara, ketiga narasumber dipandu penggagas MIWF, Lily Yulianti Farid, membedah literasi terkait puisi-puisi yang diciptakan khusus Aan untuk peran Rangga yang dimainkan Nicholas Saputra.

Penulis kelahiran Bone tersebut, mengungkapkan, senang bisa diberi kesempatan Mira untuk menciptakan puisi-puisi dalam AADC2.

“Bagaimanapun, saya merasa AADC punya sumbangsih besar sekali. Diakui atau tidak, AADC memiliki peran besar membuat wajah puisi Indonesia bisa (populer) seperti sekarang,” tutur Aan.

Menurutnya, ia tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. “Saya mengerjakan beberapa hal yang tidak wajar dilakukan beberapa orang untuk menulis puisi tersebut. Namun, hasilnya sangat memuaskan,” bebernya.

Tidak wajar yang dimaksud Aan adalah menyelami karakter Rangga hingga ia menjadi seperti “Rangga”, bahkan berbulan-bulan. Selain itu, meskipun sama sekali belum pernah menginjak New York, tetapi Aan melakukan riset mendalam terkait salah satu kota besar di Amerika Serikat (AS) ini.

Bedah literasi dilanjutkan peluncuran buku puisi Aan, Tidak Ada New York Hari Ini yang menjadi best seller di toko buku Gramedia. Tercatat, selama sepekan peluncurannya di toko buku Gramedia se-Tanah Air, buku puisi Aan terjual hingga 34 ribu eksemplar. Buku puisi yang saat ini fenomenal di Indonesia itu sementara masih dicetak ulang dalam jumlah besar.

“Jadi, karena sangat larisnya, kalau biasanya orang inden untuk mobil maka kali ini orang inden untuk buku Tidak Ada New York Hari Ini,” gurau penulis buku puisi Melihat Api Bekerja tersebut disambut tawa ratusan peserta bedah literasi dalam MIWF 2016 hari ketiga.

Dalam kesempatan sama, MediaWarta.com sempat membeli 20 eksemplar buku puisi Tidak Ada New York Hari Ini, dan ditanda tangani Aan langsung. Buku ini, dalam beberapa hari, nantinya akan dibagikan MediaWarta.com kepada pembaca yang mengikuti beberapa gimmick yang akan segera dipublikasikan.

Effendy Wongso/Foto: Effendy Wongso

Komentar

Check Also

Ornamen Musim Salju

Ornamen Musim Salju Oleh Ryana Mustamin MEDIAWARTA.COM – Menjelang musim semi, gurat matahari masih kerap …