Ada Bugis Street di Singapura

MEDIAWARTA.COM – Selain Ochard Road, temmpat lain yang menjadi tujuan wisatawan di Singapura adalah Bugis Street. Tempat ini terkenal sebagai salah satu pusat belanja murah dan lengkap di Singapura. Lokasinya terletak di antara Rocchor, Victoria dan Queen Street.

Lokasi Bugis Street sangat strategis dicapai, baik yang masuk ke Singapura melalui Marina Bay, melalui bandara Changi, maupun dengan bis dari Malaysia. Area ini bahkan dapat ditempuh dengan berjalan kaki dari China Town, Orchard, Clark Quay, Little India maupun Kampung Glam.

Sejarah Bugis Street berawal pada saat Singapura masih bernama Temasek, yang terkenal sebagai kota pelabuhan. Itu yang menyebabkan banyak imigran dari berbagai etnis tertarik datang dan berdagang.

Pedagang dan pelaut ulung Bugis juga berkumpul di sini. Pada tahun 1829. Pelaut dari Makasar membawa rempah-rempah dan emas menggunakan perahu pinisi, menyeberangi lautan untuk berdagang di Singapura.

Kedatangan pelaut-pelaut Bugis tersebut sekaligus membentuk komunitas Bugis, yang bermukim di kampung Bugis atau Bugis Village. Daerah tersebut dikenal memunculkan pedagang, pahlawan dan tokoh baru yang berperan dalam sejarah negara Singapura.

Pada masa tahun 1950-an hingga 1980-an merupakan masa keemasan Bugis Street. Sebagai pusat jajanan kaki lima dan pasar malam, yang menjual aneka makanan cita rasa lokal, minuman beralkohol dengan harga murah dan cinderamata.

Bugis Street berkembang menjadi tempat prostitusi dan perjudian pada tahun 1970-an. Hal itu akibat dari sering dijadikan tempat berlibur oleh tentara Amerika Serikat, saat perang Vietnam dahulu.

Pada tahun 1987, Singapore Tourism Board memulai kembali usaha untuk merevitalisasi Bugis Street, yang pernah menjadi ikon pariwisata Singapura. Mereka membangun pusat perbelanjaan modern Bugis Junction. Pembangunan Bugis Junction mengintegrasikan pusat perbelanjaan, menara perkantoran dan hotel Inter Continental Singapore, yang berada di atas MRT Bugis.

Saat ini, Bugis Street disebut-sebut sebagai lokasi belanja jalanan terbesar di Singapura. Meskipun jalanan bukanlah tujuan wisata yang terkenal di kalangan wisatawan, namun Bugis Street sering dikunjungi oleh banyak orang.

Comment