Home / KESEHATAN / Ahli Estetika dan Stem Cell dari Jepang Beberkan Stem Cell dari Darah

Ahli Estetika dan Stem Cell dari Jepang Beberkan Stem Cell dari Darah

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Pemateri Ahli Estetika dan Stem Cell dari Jepang, Rica Tanaka, dalam Rapat Ilmiah Tahunan Perhimpunan Dokter Bedah Plastik Rekonstruktif dan Estetika Indonesia ke-20, yang digelar Perhimpunan Ahli Bedah Plastik Indonesia (Perapi) di Hotel Grand Clarion Makassar, 26-28 Mei 2016, menjelaskan, Stem Cell dari darah.

Menurutnya, awal penelitiannya sebelumnya mengambil sampel nondarah, bonmero. Namun, menimbulkan efek samping seperti pasien merasakan sakit dan nyeri, sehingga dalam penelitian selanjutnya, ia memutuskan mengambil sampel dari darah..

“Saya lebih fokus dari darah. Tadinya bonmero, tetapi menimbulkan nyeri. Kalau dari darah (tetapi generasi ketiga) pasien tidak merasakan apa-apa. Bonmero jumlahnya sedikit. Sementara, darah jumlahnya banyak,” ulas Rica.

Ia mengungkapkan, sudah menciptakan alat Stem Cell. Saat ini tengah mengupayakan legalitas dan hak paten dari pemerintah Jepang. Harapannya, alat itu bisa digunakan banyak orang.

Sekadar diketahui, pembicara dalam forum ini antara lain Hiroshi Mizuno dan Rica Tanaka (Jepang), Natalie Brenner (Jerman), David J David (Australia), dan Rong-Min Baek (Korsel). Pembicara tersebut, di antaranya membawakan materi Estetika Wajah Counturing, Bedah Estetika Skeleton Facial, dan Sel Induk Bedah Kecantikan.

Wachyudi Muchsin/Foto: Wachyudi Muchsin

Komentar

Check Also

Waspada akan serangan penyakit Alzheimer

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA  – Demensia, gangguan pada otak yang menyebabkan penurunan daya ingat hingga kemampuan mental, …