Home / EKOBIS / APPBI Sulsel Akhirnya Terbentuk

APPBI Sulsel Akhirnya Terbentuk

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) adalah Asosiasi nonprofit yang beranggotakan pengelola pusat belanja di Indonesia. Asosiasasi ini berdiri pada September 1998 di Jakarta.

Asosiasi ini merupakan wadah bagi para pengelola pusat belanja agar terjalin komunikasi dan kerja sama yang baik dan merupakan jembatan penghubung bagi pengelola pusat belanja dengan pemerintah dan pihak lainnya yang berkaitan pusat belanja.

Setelah 18 tahun berdiri di Indonesia, akhirnya APPBI DPD Sulselbar akan melantik Fadli Rifai Kasim, Direktur Operational dan Pengembangan PT Kalla Inti Karsa menjadi Ketua Asosiasi tersebut pada Jumat (20/5/2016).

“Latar belakang didirikannya APPBI, berawal dari kesadaran para pengusaha dan pengelola pusat belanja untuk turut menyukseskan pembangunan daerah dan nasional seiring program kerja pemerintah daerah maupun pusat dalam bidang pariwisata dan perdagangan berupa penyedia sarana distribusi, perdagangan eceran (retail), penyedia lapangan kerja, pemasukan pajak, serta sarana belanja, rekreasi, dan pertunjukan budaya bagi para wisatawan,” terangnya.

Fadli menuturkan, perlu adanya organisasi yang mewakili bidang usaha ini secara keseluruhan, untuk dapat menetapkan standardisasi mutu dan pelayanan, mengembangkan dan menegakkan etika dalam berkomunikasi, konsultasi, serta koordinasi dan usaha-usaha bersama yang diperlukan.

Untuk saat ini, sudah ada tujuh pusat belanja yang tergabung dalam asosiasi ini, Trans Studio Mall (TSM) Makassar, Mal Ratu Indah (MaRI), Mal GTC Makassar, MTC Karebosi, Karebosi Link, M-Tos, dan Mal Panakukang (MP).

Baca Juga:   Pertamina Proaktif Urai Antrian BBM di SPBU Wilayah Sulawesi

“Ke depan, kami berharap seluruh pusat belanja di Sulsel dan Sulbar dapat segera bergabung, dan tentunya kita berharap seluruh pusat belanaja yang ada bisa menjalin komunikasi yang lebih baik dalam menghadapi tantangan dan peluang bisnis ke Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia depannya,” papar Fadli.

Acara pelantikan yang rencananya dihadiri Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang, dirangkaikan talk show yang mengusung tema “Commercial Real Estate Outlook 2016 and Beyond In Makassar City”, akan menghadirkan narasumber Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto, Pakar Ekonomi Marzuki, Ketua DPP APPBI A Stefanus Ridwan, dan Ketua DPD APPBI Sulselbar yang akan dilantik Fadli.

“Sudah ada beberapa agenda yang menanti kepengurusan baru 2016 ini. Yang terdekat adalah program Indonesia Culinary and Shopping Festival (ICSF) yang juga merupakan program DPP APPBI bekerja sama Kementerian Pariwisata dan ekonomi Kreatif RI serta Makassar Great Sale yang diharapkan dapat dirangkaikan hari ulang tahun (HUT) Kota Makassar,” imbuhnya.

Singgih Wahyu Nugraha/Foto: Istimewa

Komentar

Check Also

Pertamina Proaktif Urai Antrian BBM di SPBU Wilayah Sulawesi

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – PT Pertamina (Persero) melakukan tindakan Proaktif untuk mengurai antrian kendaraan bermotor yang belakangan terjadi …