Bincang Inspiratif SATU Indonesia Awards 2016 di Sorong Meriah

MEDIAWARTA.COM, SORONG – Program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards, Selasa (25/5/2016), melanjutkan pencarian “mutiara penerang bangsa” di sebuah kota di Papua Barat yang dikenal sebagai kota minyak, Sorong. Pencarian ini menutup rangkaian roadshow SATU Indonesia Awards 2016 setelah kegiatan serupa sebelumnya diadakan di Banda Aceh, Palangka Raya, dan Kupang.

Pemuda Kota Sorong terlihat begitu antusias dan semangat berdiskusi dengan narasumber dalam acara Bincang Inspiratif SATU Indonesia Awards 2016 yang terdiri dari Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Sorong Julian Kelly Kambu, Guru Besar Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta Fasli Jalal yang juga merupakan salah satu juri SATU Indonesia Awards 2016, serta penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2014 bidang kesehatan, Marsellinus Wellip.

Bincang Inspiratif yang digelar di Aula Samu Siret Kantor Wali Kota Sorong ini dihadiri pelajar, mahasiswa, anggota komunitas, lembaga swadaya masyarakat (LSM0 serta perwakilan dinas Pemerintah Kota (Pemkot) Sorong.

Julian mengatakan, banyak hal yang sudah dilakukan pemuda Sorong tanpa memikirkan penghargaan. “Dengan adanya SATU Indonesia Awards ini, kami bisa mencari kreasi-kreasi dari pemuda Sorong untuk kami daftarkan untuk SATU Indonesia Awards,” ujarnya.

Ia menambahkan, kebanggaannya pada SATU Indonesia karena mengingatkan Indonesia tetap satu. “Di Indonesia, kita memiliki peluang yang sama untuk berkreasi. Jika Kota Keerom bisa mendapatkan penerima apresiasi SATU Indonesia Awards di 2014, yaitu melalui Marsellinus Wellip, mengapa Sorong tidak bisa?” imbuh Julian.

Sementara itu, Fasli menyampaikan optimismenya jika pemuda Indonesia bisa terus berkarya, melakukan banyak hal untuk bangsa tanpa ada intensi untuk mendapatkan penghargaan dari manapun, maka Indonesia emas pada satu abad Indonesia merdeka pada 2045 mendatang, bisa tercapai.

“Mudah-mudahan bisa kita peroleh. Contohnya, sudah didapat dari Marsellinus Wellip,” bebernya.

Pada tahun ketujuh pelaksanaannya, SATU Indonesia Awards ingin mengajak pemuda Kota Sorong yang telah memberi manfaat bagi masyarakat luas di bidang pendidikan, lingkungan, wirausaha, kesehatan, dan teknologi menjddi kandidat penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2016, menyusul 32 pemduda yang telah terpilih sebelumnya.

Marsellinus dengan penuh semangat berdiri di hadapan pemuda Sorong, memberikan imbauannya agar pemuda di Papua juga bisa menjadi inspirasi.

“Sebagai pemuda Papua pertama yang menerima apresiasi SATU Indonesia Awards, saya mengajak teman-teman di Sorong untuk bisa seperti saya, menjadi inspirasi untuk generasi muda Indonesia melalui SATU Indonesia Awards,” tutupnya.

Singgih Wahyu Nugraha/Foto: Dok Astra

Comment