Home / KESEHATAN / Bolehkah Mandi Malam Hari? Antara Mitos dan Fakta

Bolehkah Mandi Malam Hari? Antara Mitos dan Fakta

MEDIAWARTA.COM – Mandi merupakan kegiatan rutin yang dilakukan, untuk menjaga kebersihan dan menyegarkan tubuh. Di balik kegiatan mandi, muncul lah pernyataan, entah mitos atau fakta, seputar aktivitas membasahi tubuh dengan air tersebut.

Pernahkah Anda sering mandi di malam hari atau mandi setelah begadang? Terhadap kedua hal tersebut, muncul pernyataan yang melarang kegiatan itu, karena dipercaya dapat menimbulkan penyakit. Apakah itu fakta atau sekedar mitos?

Menurut jawaban yang dilansir blogdokter.net, hal ini tidak sepenuhnya benar. Dunia medis sampai saat ini belum punya bukti empiris, bahwa mandi di malam hari membuat timbul banyak penyakit di tubuh kita.

Jika Anda mandi di malam hari dengan air dingin lalu timbul kaku otot atau keram, itu lumrah terjadi. Udara dingin malam bercampur dengan air dingin tentunya akan membuat tubuh kita kedinginan. Namun hal tersebut tidak akan menyebabkan timbulnya rematik,nyeri punggung, atau penyakit lain.

Bagaimana pula dengan pernyataan, mandi seusai begadang sebabkan kematian. Ditambah lagi banyaknya kasus dimana orang meninggal karena mandi seusai begadang. Itu semakin menambah kepercayaan orang yang mendengar.

Hal seperti ini tak perlu dikhawatirkan, karena menurut blogdokter.net, sama seperti mitos lain, ini juga belum ada bukti empiris. Bahkan ahli kesehatan mengatakan, tidak ada hubungannya mandi seusai begadang dengan kematian.

Bila ada kasus kematian karena mandi seusai begadang, itu hanya kebetulan. Tetapi ada baiknya jika hal ini dihindari. Karena selain begadang itu tidak baik bagi kesehatan. Kondisi tubuh seusai begadang yang lelah, kemudian mandi dengan air dingin, tentu bisa saja membuat tubuh sakit atau drop.

(sumber: blogdokter.net)

Komentar

Check Also

Waspada akan serangan penyakit Alzheimer

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA  – Demensia, gangguan pada otak yang menyebabkan penurunan daya ingat hingga kemampuan mental, …