Home / NEWS / Catatan Prestasi Pelajar Indonesia di Kancah Dunia

Catatan Prestasi Pelajar Indonesia di Kancah Dunia

MEDIAWARTA.COM –  Sejarah pendidikan di negara kita telah melewati berbagai fase. Mulai dari masa pra kemerdekaan dan pasca kemerdekaan, berbagai sistem pemerintahan (orde lama, orde baru, reformasi, dan demokrasi). Geliat pendidikan formal dimulai ketika Raden Mas Soewardi Soerjaningrat atau Ki Hadjar Dewantara mendirikan perguruan taman siswa. Suatu lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para rakyat jelata, untuk bisa memperoleh hak pendidikan seperti halnya para priyayi, bangsawan, maupun orang-orang belanda.

Berbagai rintangan pun tak luput dari rekam perjalanan pendidikan di negara kita. Namun, sejarah membuktikan bahwa Indonesia berhasil melahirkan putra-putri cerdas, yang mengharumkan nama bangsa dengan prestasi mereka. Semboyan Tut Wuri Handayani menjadi filosofi dasar dalam sistem pendidikan. Hal itu mendorong semangat pelajar untuk terus belajar, berfikir kreatif, dan berbuat sesuatu demi mendorong kemajuan bangsa ini.

Ini beberapa catatan, pelajar-pelajar Indonesia yang menorehkan prestasi membanggakan, di berbagai lomba di tingkat internasional :

  1. Siswa Kelas 2 SMA Negeri 1 Bogor, bernama Muhammad Luthfi Nurfakri . Setelah memenangi Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ke-43 diadakan oleh LIPI tahun 2011, kemudian meraih tiket mengikuti lomba International Science and Engineering Fair (ISEF) di Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat. Pada Kompetisi yang digelar 14-18 Mei 2012 itu, ia meraih juara ke-3, setelah bersaing dengan 1.500 peserta dari dari 70 Negara dan Provinsi (menurut situs resmi ISEF).
  2. Diajang International Environment Project Olympiade (INEPO), pada 17-20 Mei 2013 di Istambul Turki. Siswi Indonesia meraih juara ketiga, yang disabet Rintya Miki Aprianti dan Dwi Nailul Izzah, pelajar SMA Muhannadiyah Babat Lamongan, Jawa Timur. Di ajang INEPO kedua siswi tersebut bersaing dengan para pelajar dari 50 Negara, diantaranya Jerman, Italia, Portugal, Malaysia, Amerika Serikat, Finlandia, Denmark, Rusia, Polandia dan Kanada. Prestasi tinggi itu diraih oleh kedua siswa tersebut membuat pengharum ruangan berbahan baku dari tinja sapi,
  3. Tiga medali emas diraih tim pelajar SMP saat ikut event kejuaraan catur, yang digelar di Penang, Malaysia pada 7-12 Desember 2015. Tiga medali emas tersebut masing-masing disabet Muhammad Khairul Umam sebagai juara 1 kategori Champion, Syiffa Akiyya Sari kategori the Best 14 tahun dan Evi Yuli Ana kategori the Best Lady‎.
  4. Namanya Salman Trisnadi Wajrasena dan masih duduk di kelas 1 SD Prestasi Global, Jalan Palem I nomor 1 Mampang Indah, Rangkapan Jaya, Kota Depok, Jawa Barat. Di usianya yang masih sangat muda, ia menjuarai lomba robotic internasional di Korea Selatan yang diselenggarakan pada 5-9 Agustus 2015.
  5. Tim Olimpiade Biologi Indonesia yang terdiri dari empat siswa SMA menyabet satu medali emas, dua medali perak dan satu medali perunggu dalam ajang kompetisi International Biology Olympiad (IBO) ke-26 yang berlangsung di Aarhus, Denmark. Empat siswa itu adalah Maria Patricia Inggriani, Valdi Ven Japranata, Hana Fauzyyah Hanifin, dan Nagita Gianty Annisa.
Baca Juga:   Pameran Wallacea Hadir di Atrium Nipah Mall

Komentar

Check Also

BELAJAR RENANG KINI SEMAKIN MUDAH DI FOUR POINTS MAKASSAR

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Berbicara mengenai aktivitas di hari senin tak akan lepas dari yang namanya …