Home / NEWS / Danny Ajak Alumni Pesantren Gontor Berkontribusi di Makassar
Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto.

Danny Ajak Alumni Pesantren Gontor Berkontribusi di Makassar

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto mengajak para alumni Pesantren Modern Darussalam Gontor asal Makassar untuk ikut berkontribusi di kota yang dipimpinnya itu.

Hal ini disampaikan Danny, sapaan akrab Ramdhan saat hadir dan membuka kegiatan silaturahmi alumni pesantren ternama tersebut di Sekolah Islam Athirah, Jalan Kajaolalido, Makassar, Minggu (29/5/2016).

Alumni yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Pesantren Modern (IKPM) Sulawesi, Maluku, dan Iriyan Jaya (Sumaliya) ini sekaligus memperingati milad ke-90 tahun.

Awalnya, Ramdhan menyangka jika ada perwakilan dari Somalia yang hadir. Namun setelah dijelaskan, ternyata yang dimaksud adalah Sumaliya. “Saya kira tadi (negara) Somalia, tetapi ternyata Somaliya yang hadir,” ujarnya disambut gelak tawa undangan yang hadir.

Berbicara tentang Pesantren Gontor, bagi Ramdhan langsung terbayang kualitas keilmuan, keislaman, dan pengetahuan. Hal inilah yang dibutuhkan negara, terlebih menghadapi zaman yang serba tidak menentu seperti sekarang.

“Dunia terus berubah dan semakin tak menentu. Tsunami informasi, baik yang berguna untuk pengetahuan maupun yang sengaja dirancang untuk merusak manusia semakin tak terbendung. Jika tidak ada bimbingan dan pendampingan, maka informasi yang diakses langsung dari handphone anak-anak masuk tanpa filter. Inilah tantangan kita ke depan,” bebernya.

Baca Juga:   Pameran Wallacea Hadir di Atrium Nipah Mall

Ramdhan juga menyinggung penyalahgunaan narkoba, pemerkosaan, serta aksi-aksi geng motor merupakan imbas dari informasi yang merupakan agenda besar dari desain dunia ini ke depan.

“Gontor yang telah 90 tahun mencetak alumni terbaiknya, saya harap bisa berkontribusi tanpa harus menunggu dipanggil. Banyak inovasi dan solusi yang bisa kita berikan untuk kota ini, menyelamatkan anak-anak dengan senantiasa membaca zaman,” pesannya.

Sementara itu, Ketua IKPM Gontor, Abu Bakar Al Mutthakim menyampaikan ada sekitar 400 dari total seribuan jumlah alumni di Sulsel merupakan warga Makassar. “IKPM Gontor berjumlah 200 se-Indonesia. Di Sulsel, sudah terbentuk 1989 atau 27 tahun lalu,” imbuhnya.

Menurutnya, meski alumni asal Makassar tergolong sedikit, namun ia yakin mereka mampu memberi warna kota ini sebagaimana harapan Wakil Wali Kota Makassar.

Novianti/Foto: Effendy Wongso

Komentar

Check Also

BELAJAR RENANG KINI SEMAKIN MUDAH DI FOUR POINTS MAKASSAR

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Berbicara mengenai aktivitas di hari senin tak akan lepas dari yang namanya …