Disparekraf Kota Makassar Hadirkan Aplikasi Tourism

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Program Smart City kini merambah ke bidang pariwisata. Jika dulu kita mengenal Home Care (Dottorota) pelayanan medis berbasis teknologi digital, dan Smart Card kartu multifungsi yang terintegrasi layanan perbankan, kini hadir aplikasi Tourism Makassar sebuah layanan digital bagi wisatawan yang berkunjung ke Makassar.

Beragam informasi kepariwisataan di Kota Anging Mamiri dapat diakses melalui aplikasi Tourism Makassar. Hal ini untuk memberikan kemudahan bagi wisatawan yang berkunjung ke Makassar.

Adanya aplikasi ini, memungkinkan penyajian informasi pariwisata tidak lagi menggunakan kertas (paperless). Hal ini sejalan program Kementerian Lingkungan Hidup dalam pengurangan penggunaan kertas dalam promosi wisata.

Pada bagian laman utama Tourism Makassar menyediakan sembilan menu utama yang berisi informasi wisata, di antaranya destinasi pariwisata, hotel, kuliner, dan toko suvenir.

Mengaksesnya pun sangat mudah. Misalnya, wisatawan butuh informasi terkait hotel di Makassar, cukup pilih menu Discovery lalu klik Accomodation. Setelah itu, di layar akan tampil informasi nama-nama hotel yang ada di Makassar.

Cukup mengklik salah satu nama hotel yang tersedia, maka akan muncul lokasi, harga, serta map penunjuk arah menuju ke lokasi tersebut. Selain menyediakan informasi wisata, aplikasi ini juga menyiapkan informasi pendukung seperti nomor telepon taksi dan rumah sakit.

“Pengguna aplikasi dapat langsung menekan tombol telepon untuk menelepon taksi maupun rumah sakit yang ada di Makassar berdasarkan informasi dari aplikasi Tourism Makassar,” ujar Kepala Dinas Pariwisita dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kota Makassar, Rusmayani Madjid, Sabtu, (30/4/2016).

Tourism Makassar kini bisa didownload di Playstore bagi pengguna smartphone berbasiskan Android, dan di AppSstore bagi pengguna iPhone.

Comment