Home / BUDAYA / Fungsi 5 Elemen dalam Feng Shui

Fungsi 5 Elemen dalam Feng Shui

MEDIAWARTA.COM – Untuk perencanaan tata letak ruang yang baik dalam Feng Shui rumah, yang tak boleh diabaikan adalah soal pencahayaan, sirkulasi udara, keindahan, aspek keamanan, kebersihan, kenyamanan, dan warna terkait psikologi. Di sini, arah, bentuk, dan lokasi tanah serta rumah harus baik dan sesuai fungsinya.

Adapun faktor penunjang Feng Shui tak lepas dari atribut atau benda yang dianggap dapat menangkal pengaruh buruk, misalnya cermin cekung atau cembung, lonceng angin, lukisan hewan, dan lain-lain. Perlengkapan yang dianggap “berisi” untuk menolak bala atau mendatangkan unsur kebaikan seperti rezeki dan sebagainya tersebut, sebenarnya merupakan atribut dari Tao yang saat ini juga sudah jarang dipakai di rumah maupun bangunan modern.

Feng Shui mempunyai elemen-elemen yang alami, di antaranya Elemen Kayu. Elemen kayu mewakili pertumbuhan dan kreativitas. Kayu mendorong pertumbuhan pribadi dan intuisi meningkat.

Lalu Elemen Tanah, elemen ini membantu untuk tumbuh dan menstabilkan. Dari semua unsur feng shui, Elemen Tanah adalah paling damai, menenangkan, dan stabil. Percantik rumah Anda dengan elemen ini jika Anda mencari landasan, memperkuat, atau memelihara.

Adapun Elemen Logam berhubungan dengan kekuatan mental dan ketajaman. Elemen Logam mempengaruhi kecerdasan.

Lantas, elemen Api merupakan transformasi dan ekspansi. Elemen Api adalah yang paling stabil dari semua lima unsur Feng Shui.

Terakhir adalah Elemen Air, elemen ini sangat berguna untuk rilis dan pembaruan. Biasanya elemen ini digunakan untuk kejelasan, relaksasi, dan inspirasi.

Effendy Wongso/Foto: Istimewa

Komentar

Check Also

Ini uang panai orang Tionghoa

MEDIAWARTA.COM – Ini uang panai orang Tionghoa. Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya, …