Home / FOTOGRAFI / Antara Gelar Pameran 109 Foto GFJA di Makassar

Antara Gelar Pameran 109 Foto GFJA di Makassar

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Mengapresiasi karya foto, Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA) menggelar pameran foto dengan mengusung tema “Sammarantanna”. Ada 109 karya foto peserta workshop GFJA dipamerkan di Gedung Kesenian Societeit De Harmoni, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Makassar, Sabtu (30/4/2016) malam.

Direktur Utama Perum LKBN Antara, Meidyatama Suryodiningrat, usai membuka acara, mengungkapkan, foto-foto pihaknya akan menjadi rekaman sejarah bagi Kota Makassar. “Selama Antara masih ada, kami pasti akan memberikan dukungan sepenuhnya untuk karya terbaik anak bangsa,” cetusnya.

Menurut Meidyatama, kegiatan juga akan menjadi tolok-ukur perkembangan fotografi jurnalistik di Indonesia, bukan hanya ada di Makassar dan Jakarta, tetapi juga di kota-kota besar lainya di Indonesia.

“Pameran akan menjadi blue-print perkembangan foto jurnalistik di seluruh derah Tanah Air, yang sebelumnya ada di Jakarta, kemudian berkembang luas ke Makassar. Nantinya, ini akan ke seluruh Indonesia,” bebernya.

Selain itu, pihaknya mulai mempertimbangkan GFJA akan dibuka di beberapa kota Indonesia, mengingat sejumlah kota seperti Makassar adalah barometer perkembangan foto jurnalistik yang patut diperhitungkan.

Kurator GFJA, Oscar Motuloh, dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi terhadap kegiatan pameran di Makassar. “Saya bangga GFJA Makassar kembali mengelar pameran dengan karya-karya siswa workshop yang sangat baik,” imbuhnya.

Baca Juga:   Pameran Wallacea Hadir di Atrium Nipah Mall

Sebelumnya, angkatan pertama workshop GFJA di Makassar sudah mengadakan pameran dengan tema “Begin”. Pameran lalu, menampilkan sejumlah foto jurnalistik terkait makna kehidupan. Senada, pameran Sammarantanna menampilkan ratusan foto kegiatan kehidupan keseharian masyarakat.

Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal, mengatakan, pameran foto ini sarat filosofis mengenai kehidupan. “Sammarantanna adalah simbol gotong royong dan kerja sama. Ibarat kapal akan dipindahkan ke laut, orang akan bersama-sama mendorongnya ke laut. Tema ini sangat sarat dan dalam terhadap makna kehidupan kita sehari-hari,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua panitia pameran, Sang Jaya Arief, menambahkan, terselengaranya kegiatan pihaknya tidak lepas dari dukungan semua pihak. Untuk itu, ia mengapresiasi pelatihan yang telah diberikan para mentor selama setahun terhadap anak didik fotografer jurnalistik di Makassar.

Pameran Sammarantanna berlangsung 30 April-7 Mei 2016. Selain pameran foto, panitia juga mengelar road show pada 2-5 Mei 2016 ke sejumlah kampus di Makassar seperti di Universitas Fajar (Unifa), Universitas Muslim Indonesia (UMI), Universitas Islam Negeri (UIN).

Komentar

Check Also

BELAJAR RENANG KINI SEMAKIN MUDAH DI FOUR POINTS MAKASSAR

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Berbicara mengenai aktivitas di hari senin tak akan lepas dari yang namanya …