Home / KULINER / Ini Minuman Teh Termahal di Dunia

Ini Minuman Teh Termahal di Dunia

MEDIAWARTA.COM – Teh merupakan minuman untuk relaksasi. Harganya sangat terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah.

Tapi teh juga bisa juga menjadi barang yang mewah. Selerti dilansir nypost.com, Kamis (12/5/2016), BBC Travel menemukan sebuah teh di Tiongkok dengan harga yang sangat mahal. Keberadaannya bahkan lebih istimewa dibandingkan dengan sampanye terbaik, atau edisi langka sebotol anggur.

Untuk bisa menikmati satu teko teh dengan nama Da Hong Pao ini, orang harus merogoh kocek US$ 10 ribu atau setara Rp 132,85 juta (estimasi kurs Rp 13.285 per dolar AS). Bahkan menurut BBC, teh tersebut dinobatkan sebagai teh paling mahal di dunia.

Daun teh mewah ini begitu eksklusif, sehingga para kolektor teh kaya raya menggunakan broker untuk mendapatkannya. Pada abad ke-19, konon Inggris begitu terobsesi dengan Da Hong Pao, sampai mencuri bijinya dan mencoba menanamnya di India, tapi tidak berhasil.

Minuman ini begitu mahal karena daunnya berasal dari satu kelompok pohon utama yang hampir punah dari Tiongkok, kota Wuyishan. Beberapa pohon-pohon ini masih berdiri, tapi tidak akan pernah menumbuhkan teh lagi.

Panen terakhir sekelompok semak-semak kuno ini dilakukan pada 2005, dan tersebar di antara para pencinta teh yang rela membelinya dengan harga semahal berlian.

Komentar

Check Also

Manjakan Penikmat Kuliner, Waroenk Resto Kupang Luncurkan Ayam Bakar

MEDIAWARTA.COM, KUPANG – Keragaman kuliner Nusantara memang tidak ada habisnya. Hal inilah yang memperkaya khazanah …