Home / EKOBIS / Jelang Puasa, KPPU Pantau Harga Sembako di Pasar Terong

Jelang Puasa, KPPU Pantau Harga Sembako di Pasar Terong

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menjelang Ramadan, memantau harga sembako di Pasar Terong Makassar untuk mengetahui perkembangan harga terbarunya.

“Bulan puasa tinggal menghitung hari lagi, dan pasti ada kecenderungan setiap tahunnya harga-harga komoditas mengalami kenaikan. Inilah yang ingin kami pastikan,” terang Kepala KPPU Makassar, Ramli Simanjuntak usai memantau, Selasa (17/5/2016).

KPPU yang didampingi petugas dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Makassar, menyisir setiap pedagang yang ada di pasar untuk ditanyai mengenai harga.

Dari beberapa harga kebutuhan bahan pokok, ditemukan adanya kenaikan dari hampir semua kebutuhan pokok dan kenaikannya bervariatif, berkisar Rp 2.000 hingga Rp 5.000.

“Dari minggu sebelumnya sudah ada kenaikan, dan ini kembali dipicu semakin dekatnya Ramadan. Pedagang justru menaikkan harga, dengan alasan harga dari distributor juga sedang naik,” papar Ramli.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Makassar, Muhammad Fadli, mengatakan, kenaikan harga yang ada di pasaran ini terjadi karena kebutuhan meningkat jelang Ramadan.

Baca Juga:   PT Imza Rusli Jaya, Terangi Indonesia Timur, Lewat Program Indonesia Terang

Pihaknya juga mengaku jika pantauan harga ini dilakukan bukan hanya jelang Puasa, tetapi dua kali setiap pekan untuk melihat langsung pergerakan harga dari minggu ke minggu dan dilaporkan ke Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.

“Ada 10 pasar tradisional di Makassar yang sering kami pantau. Dari sini, kami bisa melihat pergerakan harga-harga komoditas dan juga melihat ketersediaan barangnya,” beber Fadli.

Ditambahkan, jika terjadi kenaikan harga yang signifikan, maka pihaknya akan melakukan operasi pasar untuk kembali mengendalikan harga-harga yang ada di pasaran.

“Setiap tahun, kami pasti operasi pasar. Sudah ditentukan berapa kali dalam setahun. Operasi pasar juga bisa dilakukan jika memang terjadi kenaikan harga yang signifikan,” tutup Fadli.

Nisa Nasifah/Foto: Nisa Nasifah

Komentar

Check Also

Pertamina Proaktif Urai Antrian BBM di SPBU Wilayah Sulawesi

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – PT Pertamina (Persero) melakukan tindakan Proaktif untuk mengurai antrian kendaraan bermotor yang belakangan terjadi …