Home / NEWS / Jembatan Tallo II Segera Beroperasi di Makassar

Jembatan Tallo II Segera Beroperasi di Makassar

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Manajemen Nusantara Infrastruktur dan PT Jalan Tol Seksi Empat (JTSE) menyelenggarakan acara “Persembahan untuk Lalu Lintas Kota Makassar – Pembangunan Jembatan Tallo II” untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang adanya pembangunan Jembatan Tallo II, Selasa (10/5/2016).

Hadir pada kegiatan tersebut Direksi Nusantara Infrastruktur, General Manager Corporate Affairs Nusantara Infrastruktur Deden Rochmawaty, Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto beserta jajaran, Direktur Utama JTSE Anwar Toha serta Direktur Operasional JTSE Ismail Mailungan.

Pada acara ini, dilakukan edukasi awal untuk membangun kesadaran masyarakat atas adanya perubahan lalu lintas dari lalu lintas saat ini, yaitu lalu lintas dua arah dengan Jembatan Tallo I. Acara ini diselenggarakan oleh PT Jalan Tol Seksi Empat dan Nusantara Infrastructure, yang sepenuhnya didukung Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dan dihadiri langsung Wali Kota Makassar.

Saat ini, JTSE sedang dalam proses pembangunan Jembatan Tallo II. Pembangunan Jembatan Tallo II bertujuan  untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi dari arah Pelabuhan/Pettarani ke Bandara, dan sebaliknya, akibat adanya jalan yang menyempit (bottleneck).

Direktur Utama JTSE  Anwar Toha mengatakan, saat ini JTSE mengoperasikan satu jembatan yaitu Jembatan Tallo I yang melayani pergerakan dua arah, sehingga terjadi penumpukan kendaraan pada jam-jam sibuk.

JTSE merupakan jalan strategis yang menghubungkan Bandar Udara Sultan Hassanuddin dengan berbagai tujuan utama, seperti pusat kota Makassar, Jembatan Tallo, dan simpang Mandai Makassar.

JTSE melayani 42.423 kendaraan per hari pada 2015 lalu. Dengan meningkatnya volume lalu lintas yang melintasi JTSE dan semakin padatnya pengguna jalan yang melewati Jembatan Tallo, maka dipandang perlu untuk melengkapi Jembatan Tallo yang saat ini beroperasi dengan membangun jembatan baru. Hal tersebut ditujukan untuk memperlancar arus lalu lintas yang melintasi jembatan tersebut.

Baca Juga:   Pameran Wallacea Hadir di Atrium Nipah Mall

“Kami percaya, pembangunan Jembatan Tallo II ini akan menjadi solusi untuk mengurai kemacetan di arah Pelabuhan/Pettarani ke Bandara, dan sebaliknya,” ujarnya.

Jembatan Tallo I dan Jembatan Tallo II masing-masing akan melayani pergerakan satu arah saja, Jembatan Tallo I akan menampung lalu lintas dari arah Bandara ke Pelabuhan/Pettarani, sementara Jembatan Tallo II dari arah Pelabuhan/Pettarani ke Bandara.

Pembangunan Jembatan Tallo II, dengan panjang 200 meter dan lebar 18,4 meter, telah dimulai pada Juni 2015 lalu, dan diproyeksi akan selesai pada Juni 2016. Jembatan Tallo II diharapkan sudah dapat melayani arus mudik ketika Hari Raya Idul Fitri.

General Manager Corporate Affairs Nusantara Infrastructure, Deden Rochmawaty, mengatakan, pembangunan Jembatan Tallo II tersebut sebagai bagian dari komitmen perseroan untuk memberikan kontribusi maksimal bagi seluruh pemangku kepentingan, khususnya masyarakat Kota Makassar. Di Kota Makassar, perseroan berperan aktif memberikan dukungan dan informasi  berharga kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dan Pemkot Makassar tentang pengelolaan infrastruktur jalan tol.

Deden berharap, dengan dibangunnya Jembatan Tallo II ini dapat lebih membantu memenuhi kebutuhan jalan bagi masyarakat Kota Makassar yang mengalami pertumbuhan ekonomi begitu pesat, hingga mencapai lebih sembilan persen pada 2015.

Di tahun ini, pihak pengelola juga sedang dalam proses rekonstruksi jalan frontage (jalan samping), sehingga semua aktivitas baik dalam maupun di sekitar area jalan tol tetap berjalan baik, terlebih lagi Jalan Tol Seksi Empat merupakan jalur dan urat nadi perdagangan serta ekonomi di Kota Makassar.

Alya Mukhbita/Foto: Alya Mukhbita

Komentar

Check Also

BELAJAR RENANG KINI SEMAKIN MUDAH DI FOUR POINTS MAKASSAR

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Berbicara mengenai aktivitas di hari senin tak akan lepas dari yang namanya …