Home / LIFESTYLE / Korea Selatan Menuju Transaksi Nontunai

Korea Selatan Menuju Transaksi Nontunai

MEDIAWARTA.COM, KOREA SELATAN – Warga Korea Selatan (Korsel) terbilang sebagai negara dengan tingkat melek teknologi cukup tinggi di dunia.

Salah satu gambaran nyata adalah kesadaran masyarakat melakukan transaksi nontunai (cashless) sangat tinggi. Mereka memilih menggunakan pembayaran elekronik meliputi kartu debit, kartu kredit, e money, hingga e-wallet yang terhubung dengan chip kartu ponsel.

Penggunaan kartu multifungsi baik untuk membayar ongkos tranportasi, membeli makanan di restoran, atau beli minuman di mesin penjual otomatis.

Untuk itu, bank sentral Korsel  terus mengurangi produksi uang kertas  dan koin. Ditargetkan, 2020 nanti 100 persen sistem transaksi beralih ke cashless.

Dikutip dari Straits Times, Minggu (1/5/2016), salah seorang warga Koresel, Kim Mee So, mengatakan, ia lebih memilih transaksi nontunai untuk alasan praktis.

Baca Juga:   Zona Cafe Makassar Hadirkan DJ Derina Derin Untuk ZONA Holic Berdansa di Akhir Pekan Ini

“Saya tidak perlu lagi membawa dompet atau tas besar ke mana-mana. Cukup dengan  satu kartu untuk semua transaksi. Kartu saya terkoneksi dengan tabungan bank saya, jadi semuanya aman,” jelasnya.

Menurutnya, uang tunai akan berguna hanya untuk pembelian makanan pesanan yang diantar langsung ke rumah (delivery).

Haykel Iswandy/Foto: Kim Jinha (Straits Times)

Komentar

Check Also

Zona Cafe Makassar Hadirkan DJ Derina Derin Untuk ZONA Holic Berdansa di Akhir Pekan Ini

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Zona Cafe Makassar, selalu menghadirkan bintang tamu untuk menemani Zona Holic. Akhir …