Liburan Menyenangkan bagi Lansia

MEDIAWARTA.COM – Kelompok usia 65 tahun ke atas yang masuk dalam kategori lanjut usia (lansia), merupakan “komoditas” besar dalam bisnis perjalanan. Pasalnya, kelompok lansia tidak terikat waktu dan kesibukan kerja yang membelit seperti kebanyakan usia muda yang produktif.

Hal tersebut dapat dilihat dari tabel survei sebagian biro perjalanan dunia yang mengungkap betapa besarnya kelompok ini dalam perjalanan liburan. Ihwal inilah lantas memicu industri perjalanan terus merayu mereka dengan potongan harga dan paket khusus. Sebab kelompok lansia biasanya lebih fleksibel dalam hal tanggal dan waktu perjalanan, dan mereka memanfaatkan harga terendah ke tempat wisata tujuan.

Trip mancanegara adalah tujuan terpopuler para lansia, sebagian karena di banyak negara orang-orang tua diperlakukan lebih santun. Selain itu, lansia dan pensiunan,  berlibur lebih lama serta memiliki lebih banyak waktu untuk terlibat lebih banyak dalam kegiatan liburan.

Program Elderhostel. Dengan lebih 10 ribu tawaran per tahun di lebih dari seratus negara, program-program Elderhostel menyediakan kegiatan pendidikan, akomodasi nyaman, makanan lezat, dan pertemanan hangat dari sesama pelaku perjalanan. Terlepas dari apakah dalam bentuk perjalanan dua atau empat hari untuk mengamati dan mempelajari ekologi sistem dari sebuah laut, dan masih banyak lagi edukasi menarik yang dapat disimak dari alam wisata tujuan.

Sejatinya, program-program terpadu sejenis sangat memudahkan dan mengakomodir dengan cermat perjalanan para kelompok lansia yang memang menghabiskan waktu mereka untuk bersenang-senang.

Program Elderhostel banyak membantu para lansia yang tidak ingin direpotkan independensi yang banyak menguras tenaga, misalnya mencari tempat wisata yang cocok, mencari tahu cuaca pada musim libur, pola makan dan menu suatu daerah, dan banyak lagi tetek-bengek wisata yang menghabiskan banyak waktu.

Kapal pesiar. Kapal pesiar adalah perjalanan yang ramah bagi lansia karena menawarkan kemudahan terhadap segala sesuatu, seperti  belanja, tempat tinggal, makan, kegiatan rekreasi di atas kapal bersamaan pilihan mengunjungi tempat-tempat unik di dunia.

Kendaraan rekreasional. Semakin banyak lansia yang menemukan kegembiraan hidup di kendaraan rekreasional ini, rumah bermotor yang luas, nyaman, dan kadang-kadang berhiasan mewah dan perabotan lengkap. Pilihan yang lebih murah ketimbang hotel dan perjalanan udara atau kereta api ini, menawarkan kesempatan luas untuk melihat dunia dan membuat jadwal perjalanan sendiri.

Spa dan resor perkebunan. Spa adalah tujuan yang sangat populer bagi lansia. Bukan saja karena mereka menawarkan manfaat terapi, tetapi juga karena menyediakan sejumlah besar kegiatan dalam lingkungan yang menyegarkan. Begitu pula resor di tanah perkebunan, yang menerima kelompok besar.

Mereka menawarkan kegiatan perorangan maupun kelompok, misalnya berkuda, olahraga air, dan mendaki, sehingga bisa menjadikan liburan yang menyenangkan untuk sekelompok lansia yang bepergian bersama. Tempat ini juga tempat yang sempurna bagi reuni keluarga, dengan permainan yang bisa melibatkan nenek-kakek bermain bersama cucu-cucunya.

Terlepas dari kemana pun Anda memutuskan untuk pergi, jika berusia di atas 50 tahun, ada baiknya bergabung dengan kelompok pensiunan (di Amerika Serikat: American Association of Retired Person). Organisasi ini menawarkan layanan perjalanan yang merancang tur dan paket khusus untuk lansia. Jika Anda menjadi anggotanya, Anda akan menerima segala jenis potongan harga untuk penerbangan, hotel dan sebagainya.

Comment