Home / KESEHATAN / Menjaga Keindahan Perut Pasca Melahirkan

Menjaga Keindahan Perut Pasca Melahirkan

MEDIAWARTA.COM – Wanita akan semakin merasa sempurna jika telah hamil dan melahirkan anak. Ketika hamil, semua wanita akan menjaga dengan baik kehamilan dan janin mereka. Seorang ibu harus mendapatkan perawatan yang tepat pasca melahirkan. Mengecilkan perut setelah melahirkan, menjadi impian seorang ibu yang ingin kembali langsing.

Kondisi perut gendut sehabis melahirkan merupakan hal yang normal. Itu karena selama sembilan bulan perut mengalami renggang untuk menampung bayi. Untuk mengembalikan ukuran perut ke kondisi semula, tentu saja membutuhkan waktu berbulan-bulan. Belum lagi perubahan hormon saat melahirkan, ini juga menyebabkan rahim tidak mengecil secara cepat.

Lamanya waktu perut mengecil ditentukan beberapa faktor seperti, kenaikan berat badan saat hamil, rajin tidaknya berolahraga semasa hamil, apakah Anda memberikan ASI secara langsung atau tidak, dan sudah berapa kali melahirkan.

Wanita yang berat badannya naik 14 kilogram dan rajin olahraga selama kehamilan, menyusui, dan baru pertama kali melahirkan, membutuhkan waktu tidak lama untuk mengecilkan perut. Bagi wanita yang tidak menyusui, perhatikan asupan makanan dan kurangi kalori agar penurunan berat badan lebih cepat.

Olahraga ringan seperti jalan kaki akan sangat membantu proses melangsingkan tubuh. Anda bisa melakukan jalan kaki di halaman rumah secara teratur pagi dan sore. Tidak perlu aktivitas berat seperti berlari dan lompat tali.

Perbanyak minum air putih bisa menjadi solusi sehat berikutnya. Delapan gelas merupakan jumlah minimal air putih yang harus diminum setiap hari. Selain menyehatkan, air putih juga terbukti ampuh melangsingkan tubuh secara alami.

Menyusui buah hati adalah cara cepat untuk membakar kalori perut, sehingga berat badan dapat menurun. Wanita menyusui memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengecilkan perut dalam waktu singkat karena memicu kontraksi.

Pola hidup sehat dengan memilih makanan rendah lemak dan rendah kalori harus dijalankan. Pengawasan menu makanan dari orang lain atau pasangan,  akan membantu menjaga pola hidup sehat.

Untuk ibu yang sudah melahirkan lebih dari satu kali, akan muncul tambahan kulit dan jaringan lunak pada dinding perut. Ini merupakan salah satu faktor alami yang membuat perut wanita lebih buncit dari sebelum melahirkan. Konsultasilah ke dokter kandungan jika diperlukan.

Komentar

Check Also

Waspada akan serangan penyakit Alzheimer

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA  – Demensia, gangguan pada otak yang menyebabkan penurunan daya ingat hingga kemampuan mental, …