Home / OTOMOTIF / Pebalap Astra Honda Racing Team Optimis Hadapi Balap di Motorland Aragon

Pebalap Astra Honda Racing Team Optimis Hadapi Balap di Motorland Aragon

MEDIAWARTA.COM, ARAGON (SPANYOL) Berdasarkan hasil kualifikasi pada Sabtu (28/5/2016), Andi Gilang memulai balapan dari posisi ke-17 gelaran CEV Moto3 Junior Wold Championship pada Minggu (29/5/2016) pukul 13.00 waktu setempat.

Sementara, rekan setimnya, Dimas Ekky Pratama, memulai balapan dari posisi ke-12 CEV Moto2 European Championship pada Minggu (29/5/2016) sebanyak dua race pukul 12.00 dan 15.00 waktu setempat.

Sebelumnya, Gilang dan Dimas mengungkapkan optimis menghadapi balap di Motorland Aragon, Spanyol. Dua Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) telah memenuhi janjinya untuk mencetak kemajuan di sesi kualifikasi. Meskipun Gilang belum bisa memperbaiki catatan waktunya di kualifikasi kedua, tetapi Dimas justru melonjak di posisi 10 dan akan start di row keempat.

Sesi kualifikasi pertama jadi bukti, kedua pebalap AHRT ini membuat kemajuan besar. Gilang mencetak hasil kualifikasi terbaik selama berlaga di FIM CEV. Hanya dua hari latihan di sirkuit yang belum pernah disinggahinya, ia berhasil finish di posisi kesembilan. Ini membuktikan ia adalah pebalap dengan talenta besar. Sementara, Dimas masih mencoba settingan baru pada motornya. Meraih posisi ke-13 di kualifikasi pertama.

Di kualifikasi kedua, keadaan tidak berpihak pada Gilang. Ada beberpa hal yang membuatnya tidak bisa memperbaiki perolehan waktunya dibanding kualifikasi pertama sehingga turun di posisi ke-19. Hasil kombinasi dari dua kualifikasi ini menempatkan ia di grid 17 saat balap. Sebaliknya, Dimas melakukan lompatan besar. Pebalap Moto2 dari AHRT ini merangsak di urutan 10 di sesi kualifikasi kedua. Dengan setting motor yang tepat, Dimas makin percaya diri bisa bersaing di grup depan saat balap nanti. Dimas akan start di grid 12.

Baca Juga:   PSM Makassar Gasak Tamunya Persipura Jayapura 4-0

“Saya senang setelah menjalani sesi kualifikasi ini. Meskipun semua belum berjalan sesuai harapan. Di kualifikasi pertama, saya mencetak waktu terbaik. Saya sangat yakin dengan settingan motor,” ungkap Gilang.

Namun, di menit-menit awal sesi kedua, ia mencoba mengikuti beberapa pebalap untuk mendapatkan waktu yang lebih baik dibanding sesi pertama. Setelah itu, masuk ke pit dan mengganti ban.

“Seteleh ganti ban, saya kehilangan rombongan pebalap. Tanpa rombongan, tak lagi bisa slipstreaming dan sangat susah untuk membuat time yang lebih bagus. Saat ini, konsentrasi saya pada balapan besok. Target saya, bisa start bagus dan langsung bergabung dengan pebalap di grup terdepan,” optimis Gilang

Sementara itu, Dimas memaparkan kronologi balapnya. “Di kualifikasi pertama, saya berharap bisa lebih cepat. Tetapi, ada beberapa masalah pada setingan motor yang kurang pas dan kurang nyaman,” bebernya.

Di sesi kedua, sebut Dimas, ia mengikuti beberapa pebalap yang lebih cepat, tetapi masih keteteran. Saat itu, ia berusaha mencetak waktu satu menit 56 detik, tetapi masih kurang sepersepuluh detik.

“Tetapi, kami sudah menemukan setup motor yang bagus buat balapan besok. Saya sangat yakin, terima kasih kepada tim untuk semua usaha mereka. Besok, kita berusaha menjadi yang terbaik,” imbuhnya.

Balap kelas Moto2 dimulai Minggu pukul 12.00 dan 15.00. Sementara, kelas Moto3 hanya ada satu race yang dimulai pukul 13.00 waktu setempat.

Singgih Wahyu Nugraha/Foto: Dok Astra Motor

Komentar

Check Also

Honda Sport Motoshow 2019 Siap Meriahkan Ramadhan di Makassar

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Gelaran tahunan Honda Sport Motoshow 2019 kembali hadir di Makassar. Astra Motor …