Home / EKOBIS / Pelindo IV: Proyek MNP Paket A Melebihi Target yang Ditetapkan

Pelindo IV: Proyek MNP Paket A Melebihi Target yang Ditetapkan

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – PT Pelindo IV (Persero) menargetkan pengerjaan proyek Makassar New Port Paket B dimulai pada bulan depan atau Juni 2016, setelah proyek Paket A selesai dikerjakan akhir bulan ini.

Direktur Fasilitas dan Peralatan PT Pelindo IV, Susantono, mengatakan, saat ini pihaknya sedang mengejar pengerjaan proyek yang Paket A. “Sesuai kontrak, proyek Makassar New Port (MNP) Paket A dimulai 3 Juni 2015. Tetapi, pengerjaan fisiknya baru dimulai pada sekitar September atau Oktober 2015,” jelasnya, saat memberikan penjelasan tentang progress pengerjaan proyek MNP di hadapan sejumlah wartawan di Makassar, Jumat (20/5/2016).

Menurutnya, dari total alokasi anggaran MNP sebesar Rp 1,8 triliun, pengerjaan Paket A menyerap anggaran sebesar Rp 326 miliar dengan pengerjaan proyek, yaitu dermaga sepanjang 320 meter, reklamasi seluas kurang lebih tiga hektare, dan akses jalan sepanjang kurang lebih 100 meter.

Dari anggaran sebesar Rp 326 miliar untuk proyek Paket A, sebut Susantono, sampai April 2016 penyerapan anggarannya sudah Rp 48 miliar dengan progress pengerjaan proyek fisik per 24 April 2016 sudah mencapai 27,01 persen.

“Sesuai current audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), pengerjaan proyek MNP Paket A memang baru mencapai 15,2 persen. Tetapi secara fisik, pengerjaan proyeknya sudah 27,01 persen,” paparnya.

Baca Juga:   Pertamina Gelar Ewako Day Dipuncak HUT ke-62

Disebutkan, proyek MNP Paket A bahkan sudah melebihi master target yang ditetapkan, yaitu sebesar 25 persen.

Susantono juga mengungkapkan, saat ini pihaknya sedang melelang kelanjutan dari proyek MNP yang pada 22 Mei ini, genap setahun sejak di-ground breaking Presiden Joko Widodo pada 2015 lalu, yaitu untuk Paket B dengan pagu anggaran Rp 1,055 triliun, untuk reklamasi seluas kurang lebih 13 hektare, causeway kurang lebih 1.276 meter, lapangan container kurang lebih 16 hektare, dan pengerukan kolam pelabuhan minimal draft -16,0 mLWS.

Setelah pengerjaan proyek Paket B selesai, kembali BUMN di bidang kepelabuhanan ini akan melelang pengerjaan untuk proyek Paket C dengan pagu anggaran sebesar Rp 288 miliar, yaitu untuk pembangunan Breakwater dengan panjang 1.310 meter.

“Proyek ini sengaja dibangun secara bertahap agar penyelesaiannya lebih cepat dan dilakukan secara terus menerus,” imbuh Susantono.

Kepala Satuan Pengelola Proyek Makassar New Port, Arwin, menambahkan, secara total proyek MNP ditargetkan selesai pada triwulan II/2018. “Memasuki triwulan III/2018, direncanakan pengoperasian MNP sudah di-soft launching,” ujarnya.

Dikatakan, konsesi MNP dengan Kemenhub selama 70 tahun, dengan persentase yang harus dibayarkan ke Kemenhub sebesar 2,5 persen per tahun.

Singgih Wahyu Nugraha/Foto: Effendy Wongso

Komentar

Check Also

Pertamina Proaktif Urai Antrian BBM di SPBU Wilayah Sulawesi

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – PT Pertamina (Persero) melakukan tindakan Proaktif untuk mengurai antrian kendaraan bermotor yang belakangan terjadi …