Home / EKOBIS / Pelni Operasikan Tol Laut Guna Tunjang Pelayaran Logistik

Pelni Operasikan Tol Laut Guna Tunjang Pelayaran Logistik

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – PT Pelayaran Indonesia (Pelni) Makassar resmi mengoperasikan kapal Tol Laut dengan pelayaran perdana 69 kontainer yang mengangkut kebutuhan pokok dengan rute dari Makassar, Tahuna, Lirung, Morotai, Tobelo, Ternate, dan Babang.

General Manager PT Pelni Makassar, Bachtiar Rahim, menjelaskan pelayaran pihaknya menargetkan volume pengiriman logistik dan barang dari Makassar melalui kapal general cargo trayek lima yang mencapai 4.800 ton per tahun.

Angka ini disesuaikan kapasitas kapal Tol Laut, KM Caraka Jaya Niaga III 32 yang mampu menampung sekaligus 115 kontainer.

Menurut Bachtiar, atas pelayaran tersebut ia optimis setidaknya 90 persen atau sekitar mengangkut 200 ton sekali jalan dengan dua kali mengangkut dalam sebulan. “Jadi,  minimal dalam setahun mencapai 4.800 ton,” terangnya dalam seremoni aktivitas pelayaran perdana baru-baru ini di Terminal Penumpang, Jalan Soekarno-Hatta, Makassar.

Baca Juga:   PT Imza Rusli Jaya, Terangi Indonesia Timur, Lewat Program Indonesia Terang

Secara bisnis, PT Pelni masih fokus terhadap angkutan penumpang dengan pengoperasian 15 unit kapal yang rata-rata angkut 35 penumpang setiap bulannya.  “Saat ini, pesentase volume angkutan masih 90 persen untuk penumpang dan 10 persen untuk barang. Namun, ke depannya kami harapkan untuk volume barang bisa mencapai 15 persen,” bebernya.

Nisa Nasifah/Foto: Nisa Nasifah

Komentar

Check Also

Pertamina Proaktif Urai Antrian BBM di SPBU Wilayah Sulawesi

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – PT Pertamina (Persero) melakukan tindakan Proaktif untuk mengurai antrian kendaraan bermotor yang belakangan terjadi …