Pemkot Makassar Imbau INSA Perkuat Poros Maritim

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto mendorong INSA untuk memperkuat poros maritim yang dimulai dari Makassar. Hal itu disampaikannya saat membuka Rapat Anggota Cabang (RAC) Indonesia National Shipowners Association (INSA) XIV yang mengangkat tema Mengawal Program Tol Laut Nasional Menuju Kedaulatan Ekonomi Nasional Maritim di Hotel Grand Clarion, Jalan AP Pettarani, Makassar belum lama ini.

Dalam sambutannya, Ramdhan mengatakan sejak dulu bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa pelaut. “Makassar dikenal berarmada maritim kuat, dengan pelabuhannya yang menjadi tempat bersandarnya kapal-kapal dari berbagai penjuru dunia,” urainya.

Menurutnya, orang Makassar pada masa itu amat berani berlayar mengarungi lautan luas, sehingga orang Portugis menggelari mereka Celebes de Makassares, yang berarti orang–orang Makassar yang ulung dan masyhur.

“Jejak kemasyhuran pelaut Makassar dapat ditemukan pada hukum laut internasional yang mengadopsi hukum Amanagappa yang berisi 21 pasal. Beberapa bagian sangat rinci menjelaskan ketentuan-ketentuan dalam pelayaran,” ulas Ramdhan.

Untuk itu, ia berharap keberadaan INSA dapat mendukung gagasan poros maritim yang dimulai dari Makassar. Mengingat latar belakang sejarah yang sangat mendukung disertai berbagai fasilitas yang ada di Makassar, seperti pelabuhan internasional Soekarno-Hatta dan Makassar New Port yang akan hadir tidak lama lagi.

“Kembali ke maritim itulah unggulan kita. Posisi Makassar yang berada di tengah (pusat) Indonesia sangat tepat untuk memulai poros maritim dari titik ini. Tidak hanya itu, dengan segala fasilitas di bidang kemaritiman yang dimiliki Makassar, kota ini juga tepat menjadi pusat INSA untuk logistik nasional,” ungkapnya,” tutup Ramdhan.

Comment