Home / KESEHATAN / Psikolog Anak: Peran Suami dalam Kehamilan Sangat Besar

Psikolog Anak: Peran Suami dalam Kehamilan Sangat Besar

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Seribu hari pertama kehidupan kehamilan merupakan periode 1.000 hari sejak terjadinya pembuahan di dalam kandungan, hingga anak berusia dua tahun. Aplikasi 1.000 hari yang dimaksud terdiri atas 270 hari (sembilan bulan) selama kehamilan, dan 730 hari (dua tahun) kehidupan sejak bayi dilahirkan.

“Periode ini disebut periode emas (golden period) atau disebut juga sebagai waktu yang kritis, yang jika tidak dimanfaatkan dengan baik, dapat menyebabkan kerusakan yang bersifat permanen,” terang psikolog anak dan keluarga, Roslina Verauli pada acara talkshow Prenagen di Ballroom Phinisi, Lt 2 Hotel Grand Clarion, Jalan AP Pettarani, Makassar, Minggu (22/5/2016).

Ia berpendapat, pada masa kehamilan 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dimulai, ada berbagai pengaruh psikologis yang memerlukan reaksi yang baik dari ibu dan kerja sama yang baik dari ayah.

“Berbagai perubahan fisik, kondisi seksualitas, dan perubahan mental pada masa kehamilan, seringkali tanpa disadari memberi pengaruh besar pada menurunnya tingkat kebahagiaan calon ibu dan bahkan calon ayah,” terang Roslina.

Menurutnya, hal yang seringkali dilupakan adalah betapa besarnya peran suami pada masa-masa kehamilan. “Suami juga memegang kendali untuk meningkatkan atau justru menurunkan tingkat stres dan tingkat kebahagiaan ibu,” imbuhnya.

Nisa Nasifah/Foto: Nisa Nasifah

Komentar

Check Also

Waspada akan serangan penyakit Alzheimer

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA  – Demensia, gangguan pada otak yang menyebabkan penurunan daya ingat hingga kemampuan mental, …