Home / EKOBIS / Sun Life-Pemerintah Kanada Donasi Beasiswa Pascasarjana Ilmu Aktuaria Internasional

Sun Life-Pemerintah Kanada Donasi Beasiswa Pascasarjana Ilmu Aktuaria Internasional

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA – Sun Life Financial Asia (Sun Life) dan The University of Waterloo pada Kamis (26/5/2016) di Jakarta, telah menandatangani perjanjian untuk bermitra guna mengembangkan jumlah tenaga aktuaris yang masih sedikit dan kapasitas risiko di Indonesia.

Dalam keterangannya kepada MediaWarta.com, Head of Marketing PT Sun Life Financial Indonesia, Shierly Ge, mengungkapkan, sebagai bagian dari komitmen Sun Life di Indonesia, manajemen bakal mendonasikan 500 ribu dolar Kanada untuk membentuk program beasiswa pascasarjana bidang ilmu aktuaria internasional yang akan diluncurkan University of Waterloo tahun ini, yang bertujuan untuk mendukung pengembangan bidang ilmu aktuaria di Indonesia.

Beasiswa pascasarjana ini akan ditujukan untuk ilmu aktuaria dan proyek pengembangan manajemen risiko di Indonesia, yang dikenal sebagai management, economic sustainability, and actuarial science development di Indonesia (READI) atau manajemen risiko, ekonomi berkelanjutan, dan pengembangan ilmu aktuaria di Indonesia yang saat ini sedang dilaksanakan University of Waterloo dengan pemerintah Kanada serta mitra lainnya.

Tujuan utama dari proyek ini adalah untuk membentuk Indonesia sebagai pusat keunggulan aktuaria di wilayah Asia Tenggara dengan melibatkan lembaga pendidikan, pemerintah, dan industri.

Proyek ini akan meningkatkan keahlian para aktuaris kedua belah pihak untuk dapat memenuhi kebutuhan yang mendesak akan tenaga aktuaria yang terakreditasi di Indonesia. Dalam struktur komite, Sun Life akan berperan sebagai lanjutan investasi perusahaan untuk memastikan keberhasilan program, serta tercapainya tujuan pada sektor pemerintah, swasta, dan lembaga pendidikan terutama dalam perencanaan dan pelaksanaan.

Baca Juga:   Pertamina Gelar Ewako Day Dipuncak HUT ke-62

Sementara itu, University of Waterloo sebagai lembaga terkemuka dunia dalam pendidikan kooperatif, siap membantu universitas-universitas di Indonesia untuk meluncurkan program pelatihan kerja terpadu yang efektif.

Nantinya, kegiatan-kegiatan akan berupa kegiatan-kegiatan yang menarik para siswa SMA yang berpotensi menempuh program ilmu aktuaria, atau meningkatkan kursus ilmu aktuaria dengan kurikulum yang telah diperbaiki dan akses untuk meningkatkan kapasitas para dosen. Selain itu, juga membangun program pelatihan kerja yang terpadu di Indonesia yang membekali para siswa dengan keterampilan praktis dan siap kerja.

Presiden Sun Life Financial Asia, Kevin Strain, mengatakan, Indonesia merupakan pasar utama Sun Life di Asia, pihaknya mengapresiasi kemitraan dengan pemerintah Kanada dan University of Waterloo dalam mengembangkan sumber daya manusia (SDM) di bidang aktuaria dan risiko. Kegiatan ini akan membantu memperkuat industri asuransi di Indonesia dalam jangka panjang.

Haykel Iswandi/Foto: Istimewa

Komentar

Check Also

Pertamina Proaktif Urai Antrian BBM di SPBU Wilayah Sulawesi

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – PT Pertamina (Persero) melakukan tindakan Proaktif untuk mengurai antrian kendaraan bermotor yang belakangan terjadi …