Tiongkok Kembangkan e-Paper dari Grafin

MEDIAWARTA.COM – Sebuah perusahaan dari Tiongkok, bernama Guangzhou OED Technologies, menciptakan sebuah e-paper pertama di dunia, yang dibuat dari bahan grafin.

Grafin sendiri dikenal sebagai bahan yang tipis, ringan, namun sangat kuat. Menurut General manager Guangzhou OED Technologies, Chen Yu, e-paper dikembangkan dengan bekerja sama dengan sebuah perusahaan di Provinsi Chongqing. Grafin dikenal sebagai bahan terkuat dan teringan di dunia. Satu lapis grafin tebalnya hanya 0.335 nanometer, dan bahan ini bisa mengalirkan panas dan listrik.

Dengan keunggulan ini, e-paper dari grafin akan menjanjikan sebuah layar yang bisa tampil lebih cerah dan fleksibel. Kemungkinan besar, e-paper berbahan dasar grafin ini akan bisa dilihat jelas meski di bawah sinar matahari siang. Jika digunakan dalam sebuah alat pelacak aktivitas, maka display ini bisa lebih tangguh dan andal.

Baca Juga:   Traffik Data Telkomsel Naik 10,7%, Selama Himbauan Work From Home 

Selain tipis dan tangguh, e-paper berbahan dasar grafin ini juga harganya lebih ekonomis. Karena karbon grafin lebih mudah diperoleh, dibanding menggunakan logam exotic indium yang biasa digunakan pada e-paper saat ini. Untuk ketersediaannya, perusahaan pencipta e-paper grafin tersebut, berencana memulai produksi tahun ini.

Komentar

Check Also

Telkomsel Menerima Apresiasi Kontributor Pajak Terbesar di Kantor Pelayanan Pajak

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) memberikan apresiasi kepada Telkomsel atas kontribusinya sebagai penyumbang …

Share This
Mediawarta