Home / NEWS / Wali Kota Makassar Kembali Raih Penghargaan Top 35 Inovasi Pelayanan Publik 2016

Wali Kota Makassar Kembali Raih Penghargaan Top 35 Inovasi Pelayanan Publik 2016

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto kembali meraih penghargaan Top 35 Inovasi Pelayanan Publik 2016 yang diserahkan langsung Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla di Ruang Bhirawa, Hotel Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (26/5/2016).

Makassar menjadi satu dari empat kota lainnya di Indonesia yang berhasil meraih penghargaan nasional di bidang inovasi pelayanan publik yang dihelat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) RI.

Bersama Wali Kota Bandung, Balikpapan, dan Pontianak, Danny, sapaan akrab Ramdhan, mengenakan batik Lontarak berwarna jingga, menerima penghargaan tersebut disaksikan Menteri PANRB RI, Yudi Chrisnandi dan 21 kepala daerah beserta Direktur Utama BUMN.

Inovasi di bidang kesehatan, layanan Home Care menjadi tiket bagi Makassar meraih penghargaan itu. Berkat layanan Home Care yang lazim disebut Dottorota atau Telemedicine, warga Makassar dapat menikmati pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan jantung (EKG) gratis di rumah-rumah cukup menghubungi nomor Home Care dan mengantongi KTP Makassar.

Ramdhan merasa bersyukur atas masuknya Makassar menjadi Top 35 Inovasi Pelayanan Publik. Ia berharap, semoga dapat terus menembus hingga Top 9.

Baca Juga:   Pameran Wallacea Hadir di Atrium Nipah Mall

Ke depannya, ia mengupayakan beberapa program inovasi dari Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan lebih dimaksimalkan, sehingga menjadi terobosan yang bermanfaat dan dapat diaplikasikan di seluruh wilayah Indonesia.

Tahun ini ada empat program pemerintahan Ramdhan yang diadopsi pemerintah pusat, antara lain Lorong KB, Kartu Anak Makassar, Home Care, dan Bank Sampah Pusat.

Kalla dalam sambutannya, mengharapkan seluruh Apararur Sipil Negara (ASN) lebih bekerja keras dalam inovasi daerah. Pasalnya, saat ini Indonesia berada dalam era otonomi daerah (Otoda) yang menuntut ASN dapat menjadi perekat nasional dalam memberikan pengalaman-pengalaman kerja di seluruh wilayah Indonesia.

Seperti halnya tarian Tarek Pukat dari Aceh yang dibawakan pemuda Aceh saat pembukaan yang mencoba menyampaikan pesan, “Tidak ada yang lebih kuat dari kita kecuali kita bersama”.

Penyerahan penghargaan Top 35 Inovasi Pelayanan Publik 2016 digelar bersamaan Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian oleh Badan Kepegawaian Negara. Penghargaan ini diserahkan kepada beberapa kementerian dan lembaga, kabupaten, kota, provinsi, serta BUMN.

Novianti/Foto: Novianti

Komentar

Check Also

BELAJAR RENANG KINI SEMAKIN MUDAH DI FOUR POINTS MAKASSAR

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Berbicara mengenai aktivitas di hari senin tak akan lepas dari yang namanya …