XL-PPM Manajemen Luncurkan Buku Kisah Sukses Merger dan Akuisisi XL-Axis

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Jalan berliku yang pernah XL alami dalam meraih sukses merger tertuang dalam buku berjudul “Sukses Merger XL-Axis 70 Persen Merger dan Akuisisi Gagal! Bagaimana XL-Axis Bisa Berhasil?” yang diterbitkan PPM Manajemen.

PT XL Axiata Tbk (XL) berharap bisa berbagi pelajaran dan pengalaman berharga dalam bukunya tersebut kepada publik. Buku ini sekaligus menjadi referensi berharga bagi kalangan bisnis dan regulator bidang telekomunikasi, akademisi, dan masyarakat proses merger dua perusahaan telekomunikasi Indonesia.

Former Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi, mengatakan, aksi korporasi yang XL lakukan dalam bentuk merger dan akuisisi adalah proses bisnis yang sebenarnya biasa. Namun, kemudian menjadi fenomena karena proses konsolidasi. Di sini, dua perusahaan melebur menjadi satu seperti ini belum pernah dilakukan operator telekomunikasi Indonesia.

“Padahal, wacana konsolidasi sudah cukup lama diwacanakan, bahkan didorong pemerintah, mengingat kondisi industri telekomunikasi kita pemainnya banyak, namun sumber daya frekuensi terbatas. Di sisi lain, permintaan pelanggan atas layanan data yang berkualitas terus meningkat,” ujarnya di Spermonde Lounge, Lt 11 Hotel Santika, Jalan Sultan Hasanuddin, Makassar, Rabu (25/5/2016).

CEO PT XL Axiata, Dian Siswarini menambahkan, proses merger dan akuisisi XL- Axis memang tidak mudah. Selain harus menghadapi berbagai persoalan administratif, juga harus sinkron segala regulasi yang berlaku.

Selain itu, karena merger dan akuisisi operator adalah hal yang sama sekali baru, maka seiring berjalannya proses tersebut, juga muncul berbagai diskusi, baik menyangkut tata cara, substansi merger, dan segala konsekuensi yang harus ditanggung XL. Menurutnya, banyak merger yang tidak berlangsung sukses.

Dalam buku yang disusun Tim PPM Manajemen, XL menyampaikan proses merger dan akuisisi yang cukup rumit. Buku ini selanjutnya akan XL berikan kepada pemangku kepentingan terkait kebijakan merger di industri telekomunikasi, juga kepada kalangan pelaku industri, asosiasi di bidang telekomunikasi, dan akademisi.

Buku kisah sukses ini disusun melalui wawancara hampir semua figur kunci yang terlibat dalam proses merger. Termasuk narasumber dari regulator, Axiata, Saudi Telecom Corp sebagai pemilik Axis, serta manajemen XL yang terlibat langsung. Tim penulis juga membahasnya secara akademis dari sudut pandang ilmu manajemen bisnis.

Adapun Pakar Manajemen Strategi PPM Ningky Sasanti Munir, mengungkapkan,  manajemen pihaknya tertarik membukukan cerita sukses merger dan akuisisi PT XL Axiata. Harapannya, dibukukannya cerita sukses PT XL Axiata ini tidak sekadar menjadi buku cerita, namun bisa menjadi buku akademis yang dapat menjadi referensi bagi pelaku bisnis maupun akademisi dalam mengkaji ilmu manajemen strategi khususnya dalam proses merger dan akuisisi.

Makassar menjadi sasaran XL berikutnya untuk berbagi pengalaman dalam buku ini, setelah sebelumnya digelar di Jakarta, Medan, dan Surabaya. untuk mengupas tuntas dan membagikan ilmu dari buku ini.

PPM BookTalk merupakan agenda rutin PPM Manajemen yang mengupas buku-buku inspirasional baik dari tokoh-tokoh ataupun kasus-kasus organisasi/perusahaan yang layak untuk diangkat dalam diskusi.

Singgih Wahyu Nugraha/Foto: Effendy Wongso

Comment