Home / TRAVEL / Berkunjung ke Destinasi Ini, Siapkan Pajak Turis

Berkunjung ke Destinasi Ini, Siapkan Pajak Turis

MEDIAWARTA, SINGAPURA – Anda suka bepergian ke luar negeri? Suka berkunjung ke destinasi kenamaan dunia? Nampaknya anda perlu menambah budget untuk membayar pajak kunjungan atau biasanya disebut pajak turis.

Berikut daftar destinasi kenamaan dunia yang menerapkan pajak turis dikutip dari Today, Rabu (22/6/2016).

Penang

Salah satu pulau di Malaysia ini menerapkan pajak penginapan tambahan sejak 2014. Pemerintah setempat menyebutnya retribusi daerah yang mewajibkan tambahan pembayaran bagi mereka yang menginap di hotel berbintang. RM 3 atau sekitar Rp 10 ribu per malam di hotel bintang empat dan bintang lima. RM 2 atau sekitar Rp 7 ribu  per malam untuk bintang empat ke bawah. Termasuk guesthouse, vila, asrama, dan lainnya.

Bhutan

Bhutan adalah sebuah negara kecil di Asia Selatan yang berbentuk kerajaan dan dikenal dengan Negeri Naga Guntur. Wilayahnya terhimpit antara India dan Tiongkok. Nama lokal negara ini adalah Druk Yul, artinya “Negara Naga”.

Pemerintah setempat menerapkan harga paket perjalanan standar bagi turis meliputi akomodasi, makanan, transportasi, dan jasa tour guide. Harga mulai 200 dolar Singapura atau sekitar Rp 1,8 juta per orang. Tambahan tarif bagi turis yang berkunjung kurang dari tiga orang dalam satu rombongan harus menambah dana 30 dolar Singapura atau sekitar Rp 270 ribu per malam.

Paris

Daerah dengan julukan kota sejumlah lampu ini telah menerapkan pajak turis sejak 1919. Pajak dikenakan bagi mereka yang menginap di hotel. Range-nya mulai 1,5 dolar AS atau sekitar Rp 20 ribu per malam untuk hotel bintang tiga ke bawah. Sementara, menginap di hotel bintang empat dan bintang lima wajib membayar pajak sebesar 2,3 dolar atau sekitar Rp 26 ribu per malam.

Roma

Kota seribu dewa ini memiliki aturan tambahan pajak riha dolar AS atau sekitar Rp 39 ribu per malam untuk mereka yang menginap di hotel bintang satu dan bintang dua. Penginapan hotel bintang empat dan lima harus membayar pajak sekitar Rp 100 ribu per malam.

The Maldives

Pulau terindah di dunia ini membebankan biaya pajak diperuntukkan untuk penghijauan. Besarannya enam dolar Singapura atau sekitar Rp 54 ribu per malam.

Haykal Iswandi/Foto: Dok Today

Komentar

Check Also

Air Terjun Batulappa surga yang eksotis di Kab. Barru

MEDIAWARTA.COM, BARRU – Air Terjun Batulappa merupakan salah satu lokasi wisata yang ada di Kabupaten …

Share This