Ilustrasi Bumi dan Bulan. Foto : Int

Bulan Mini Ditemukan Berputar di Sekitar Bumi

MEDIAWARTA.COM – NASA baru saja menemukan bulan baru atau bulan mini yang berukuran lebih kecil dari ukuran bulan sebenarnya. Bulan mini itu sebenarnya adalah asteroid atau batuan kecil yang memiliki diameter sekitar 120 kaki hingga 300 kaki.

Gravitasi yang dimiliki bumi dan bulan, membuat asteroid ini terjebak dalam lingkaran kedua benda angkasa itu. Astereoid yang dinamakan 2016 HO3 tersebut, tidak akan bisa terlalu jauh dari bumi karena tarikan gravitasi. Asteroid ini juga tidak akan bisa terlalu dekat dengan bumi karena tarikan gravitasi bulan. Asteroid ini bukanlah yang pertama ada dan berada dekat bumi dan bulan.

Sekita 10 tahun lalu, 2003 YN107 juga memiliki pola yang sama dengan 2016 HO3. Namun dilansir, asteroid itu bagaikan hubungan orang yang pacaran, yang akhirnya putus.

Asteroid itu menjauh dari bumi hingga akhirnya hilang. Namun, 2016 HO3 sepertinya akan setia hingga berabad-abad kemudian.

Sumber: Inhabitat

Komentar

Check Also

Menyusul Rusia, Kini Iran Akan Memblokir Telegram

MEDIAWARTA.COM, IRAN – Rencana pemblokiran telegram  oleh Pemerintah Iran diungkapkan langsung oleh Pemimpin Tertinggi Ayatollah Khamenei …

Share This
Mediawarta