Aksi Indonesia Muda gelar gathering volunteer Green Move 2016

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Aksi Indonesia Muda gelar gathering volunteer Green Move 2016. Dalam waktu dekat, proyek sosial Green Move 2016 yang diinisiasi Komunitas Aksi Indonesia Muda (AIM), akan melakukan aksi penghijauan di Kampung Dangko. Tujuan penghijauan agar kampung ini nantinya menjadi kampung dan lorong yang bersih. Realisasi pemulihan dan pemeliharaan Kampung Dangko rencanan bakal dilaksanakan tidak lama lagi.

Komunitas yang menghimpun anak muda Makassar yang aktif memberdayakan warga marginal, khususnya para pengemis eks penderita kusta di Jalan Dangko, Jongaya, Makassar  ini, tengah membangun usaha kerajinan tangan melalui pengembangan industri kreatif.

Dalam Green Move 2016, AIM melibatkan para volunteer, yang dikumpulkan dalam gathering bertajuk Volunter Project Sosial Green Move 2016 di Taman Maccini Sombala, Makassar, Minggu (24/7/2016).

Presiden AIM, Adryan Yudhistira Purwanto di sela acara, menyampaikan, selain mengumpulkan volunteer, acara juga memberikan mereka pemahaman terkait aksi dan agenda Project Sosial Green Move 2016.

“Kami juga akan memperkenalkan kampung kusta Jongaya, sekaligus mengenalkan anggota komunitas AIM yang telah memiliki cabang di berbagai daerah, seperti Pontianak, Medan, Jember, Polman, Mamuju, dan Cirebon. Juga project-project yang telah dijalankan AIM Makassar,” paparnya.

Baca Juga:   MASIKA ICMI Makassar Mendukung Kas Masjid untuk Amal Jariah hadapi Covid-19

Adryan menambahkan, kegiatan pihaknya sangat bermanfaat untuk lingkungan di Kampung Dangko. Penghijauan misalnya, bermanfaat menyejukkan hawa lingkungan setempat agar warga Dangko dapat merasa nyaman dan tidak kepanasan seperti saat ini.

Hal senada disampaikan Koordinator Pendidikan Informal AIM Nurul Suciana Adam saat ditemui dalam kesempatan sama. Ia mengatakan, Poject Sosial Green Move 2016 memang sengaja melibatkan volunteer agar mereka dapat peka terhadap lingkungan hidup dan masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat marginal.

“Kami berharap, anak-anak muda ini nantinya dapat terlibat langsung dalam acara, untuk mengubah wajah Kampung Dangko sebagai kampung hijau dan sehat, sehingga nantinya bisa menjadi (kampung) percontohan bagi kampung-kampung lainnya,” alasannya.

Gathering volunteer Green Move 2016 ini diikuti 50 volunteer terpilih. Sebelumnya, dalam perekrerutan terkumpul 200 ratus orang yang. Dari proses seleksi akhirnya terpilih 50 orang yang mengikuti gathering di Taman Maccini Sombala hari ini.

Muhammad Saleh/Foto: Muhammad Saleh

Komentar

Check Also

Perkumpulan Fotografer Makassar Hunting Foto Sambil Peduli Lingkungan

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Puluhan anggota Perkumpulan Fotografer Makassar (Performa) melakukan Hunting foto sekaligus membersihkan sampah-sampah …

Share This
Mediawarta