Eksotisme total control lightweight supersport CBR250RR yang kian menggoda

MEDIAWARTA.COM – Eksotisme total control lightweight supersport CBR250RR yang kian menggoda. Ini bukan adagium tanpa alasan salah satu produk anyar Astra Honda Motor (AHM). Seperti yang tercetus dalam keterangan tertulis President Director AHM Toshiyuki Inuma kepada MediaWarta.com, Selasa (26/7/2016), mengungkapan motor ini bahkan jauh melampaui ekspektasi pecinta sepeda motor di Tanah Air.

Penegasan kualitas terbaik dari CBR250RR, terutama dalam pengembangannya sebagai motor lightweight supersport terbaik di kelasnya, telah dirumuskan dalam beberapa tujuan dan bagian, di antaranya styling, power unit, serta elektronik dan sistem kontrol yang mumpuni.

Dalam segi styling, motor modis ini menampilkan desain yang membangkitkan sensasi terhadap power dan kecepatan. Styling dari model ini disesuaikan dari evolusi setiap fungsi bersama pengembangan teknologi terkini. Tema desain “Speed Shape” menghadirkan tampilan menarik dan fungsional, sehingga memberikan kesenangan pengalaman berkendara bahkan sebelum motor ini dikendarai.

Selain itu, garis tajam terlihat dimulai dari sisi bawah, bagian depan merunduk hingga buritan belakang meruncing sehingga menghadirkan siluet posisi berkendara yang agresif dalam mengendalikan mesin baru yang bertenaga. Proporsi besar di bagian depan menghadirkan tampilan garang seperti “pemangsa” yang siap menerkam.

Konfigurasi part baru diadopsi untuk mewujudkan konsep original Honda “Layered Cowl”, untuk mengoptimalkan aliran udara saat berkendara. Ini sekaligus membantu proses pendinginan mesin yang secara langsung berkontribusi terhadap pengendalian yang optimal.

Kemudahan bermanuver dari motor supersports ini sesuai tagline “Total Control”, semuanya dikendalikan pengendara saat mengontrol keseimbangan bobot sesuai yang dikehendaki.  Untuk memaksimalkan kebebasan mengontrol keseimbangan bobot pengendara, jok pengendara di bagian depan diperkecil. Karakter proporsional dari motor ini dicapai dari power unit layout yang compact dan truss frame terbaru yang terlihat semakin gagah.

Sementara, chassis yang disertakan menghadirkan kemampuan manuver yang optimal dan memberikan performa berkendara luar biasa. Performansi luar biasa berkendara dapat dirasakan pecinta roda dua lantaran mengusung power unit yang mumpuni.

Ini juga tidak terlepas dari desain frame terbaru dengan struktur pipa baja yang menjamin kekuatan dan kelenturan. Frame tersebut turut mendukung output yang dihasilkan, menghadirkan stabilitas sempurna serta pengendalian optimal bagi pengendara.

Lengan ayun tipe gull-arm terbuat dari alumunium melalui proses gravity dies casting (GDC), menghasilkan pengurangan bobot unsprung dan memaksimalkan layout knalpot untuk lebih dekat pusat grafvitasi namun tetap mengoptimalkan sudut kemiringan saat bermanuver. Lengan ayun dihubungkan dengan main frame menggunakan suspensi Pro-Link. Suspensi depan inverted fork berukuran 37 milimeter dari Showa telah dipilih untuk mengurangi bobot unsprung dan menghadirkan cengkraman sempurna.

Dengan karakter mesin yang optimal di seluruh putaran, ditambah suara knalpot yang sensasional, memberikan pengalaman berbeda bagi pengemudi saat melaju dalam kecepatan penuh. Memang, semua hal tersebut tidak lepas dari kontribusi desain engine yang compact.

Hal ini juga menjadikan CBR250RR sebagai “tongkrongan” ideal dan berkelas untuk pecinta otomotif yang menginginkan motor berstandar premium pertama di Indonesia. Tak ketinggalan, pembenaman elektronik dan sistem kontrol yang berkualitas, membuat motor lightweight supersport ini tidak perlu diragukan lagi keandalannya.

Effendy Wongso/Foto: AHM

Comment