Deng Ical apresiasi pembangunan rumah ibadah bagi pengembangan keimanan masyarakat

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Deng Ical apresiasi pembangunan rumah ibadah bagi pengembangan keimanan masyarakat. Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal meletakkan batu pertama pembangunan Masjid H Hamarung, Jalan Singa, Makassar, Rabu (27/7/2016).

Menurut pasangan Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto ini, masjid yang diperkirakan dapat menampung 200 jemaah tersebut merupakan masjid ke-1.713 di Kota Makassar.

“Jumlah masjid di Makassar ada 1.712, jadi dengan terdaftarnya masjid yang akan kita bangun ini, jumlahnya menjadi 1.713 masjid,” terang Deng Ical, sapaan Rizal.

Keberadaan tempat ibadah di tengah pemukiman penduduk akan berdampak positif bagi lingkungan. Selain sebagai tempat ibadah, masjid merupakan tempat untuk menjalin silaturahmi dan wadah interaksi sosial. Ini yang membuat lingkungan lebih sejuk dan berpengaruh pada ketahanan sosial masyarakat sekitarnya.

“Barang siapa membangun masjid, Allah SWT menjamin ada rumah di surga. Betapa besar manfaat dan pahala bagi keluarga H Hamarung yang mempelopori pembangunan rumah ibadah ini,” ungkap pria yang dikenal sombere (ramah) ini.

Baca Juga:   Kabar Duka, Ibunda Presiden Jokowi Wafat

Masjid ini dibangun tepat di samping Gedung SMP dan SMA Yayasan Perguruan PGRI 3 Makassar. Sehingga, dinilai akan berdampak positif bagi pendidikan agama bagi pelajar di sekolah tersebut.

Ketua pantia pembangunan Masjid, Arifuddin Hamarung, mengungkapkan, masjid dibangun atas amanah orang tuanya, almarhum H Hamarung untuk membangun masjid dan sarana pendidikan Islam bagi pelajar, guru, dan masyarakat.

Luas masjid 13,30 meter persegi, dengan estimasi dana yang dibutuhkan sekitar Rp 500 juta. Hingga saat ini telah terkumpul dana awal sebanyak Rp 385 juta.

“Pembangunan kita mulai hari ini, dana awal sudah ada yang bersumber dari keluarga, jadi sedikit lagi sisanya,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Pembina Yayasan Perguruan PGRI, Rafiuddin Hamarung berharap masjid yang dibangun dapat dimanfaatkan dengan baik bagi sekolah. “Digunakan bagi guru, siswa, dan masyarakat setempat,” imbuhnya.

Novianti/Foto: Humas Pemkot Makassar

Komentar

Check Also

Pameran Wallacea Hadir di Atrium Nipah Mall

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Wallacea Week 2019 merupakan sebuah festival penuh inspirasi, edukasi, dan karya seni …

Share This
Mediawarta