Home / FOTOGRAFI / Eksistensi PFI Makassar bagi Kemajuan Fotografi Jurnalistik di Indonesia

Eksistensi PFI Makassar bagi Kemajuan Fotografi Jurnalistik di Indonesia

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Guna menjalin silaturahmi di Ramadan tahun ini, Pewarta Foto Indonesia (PFI) Makassar menggelar acara buka puasa bersama antaranggota, sekaligus dengan beberapa pemerhati fotografi di Sulsel.

Acara yang digelar di Legend Coffee Shop, Lt 2 Hotel Grand Clarion, Jalan AP Pettarani, Makassar, Sabtu (3/7/2016), tampak meriah dihadiri hampir seluruh anggota PFI Makasar, termasuk Ketua PFI Makassar, Ocha Alim Bachri dan Ketua PFI Makassar sebelumnya, Abbas Sandji.

Dalam kegiatan, PFI Makassar juga membahas program-program yang akan diimplementasikan dalam agenda selanjutnya, seperti pameran foto, lomba foto, dan festival jurnalistik yang akan digelar tahun ini.

Sekadar diketahui, PFI Makassar merupakan salah satu tentakel dari PFI Pusat yang berdomisili di Jakarta. Kehadiran organisasi terkait para pewarta foto di Indonesia ini dilandasi atas profesionalisme dan kode etik pewarta foto di Tanah Air.

Tegaknya kebebasan pers, masyarakat foto jurnalistik yang profesional, mandiri dan independen, serta terpenuhinya hak masyarakat untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi visual yang interaktif dan benar, melandasi terbentuknya PFI.

“Ini juga disertai kenyataan adanya pluralisme dalam masyarakat yang kritis, sehingga PFI dipandang perlu hadir mewarnai dunia jurnalisme di Indonesia. Pasalnya, PFI senantiasa aktif untuk mengambil peran pemberitaan visual sebagai tanggung jawab sosial. Hal itu tentu berfungsi menyuarakan kebenaran visual yang memiliki integritas dan bisa dipercaya. Atas dasar itu, PFI hadir dengan mengusung kode etik yang dapat dipertanggungjawabkan,” terang Ocha kepada MediaWarta.com seusai buka puasa bersama.

Nisa Nasifah/Foto: Nisa Nasifah

Komentar

Check Also

Lomba Foto Astra 2017

MEDIAWARTA.COM, Tema Lomba Foto Astra 2017 Lomba Foto Astra adalah sebuah program dalam upaya mengapresiasi …

Share This