Pemain Perancis merayakan gol Antoine Griezmann ke gawang Jerman pada semifinal Piala Eropa di Stade Velodrome, Kamis (7/7/2016). Foto: Valery Hache/AFP

Grand Final Euro 2016 Perancis-Portugal, Les Blues: Nous Devons Gagner!

MEDIAWARTA.COM, PARIS – Tibalah pengujung pesta sepak bola akbar Eropa, Euro 2016, Senin (11/7/2016) dini hari nanti. Sekitar sebulan, tidak terasa Euro 2016 telah menginjak partai puncak grand final.

Dua tim yang telah memastikan lolos ke partai final bakal kembali bertarung guna membuktikan siapa yang layak jadi penguasa dataran Eropa. Laga final Euro 2016 akan menyajikan pertarungan antara tuan rumah Perancis versus Portugal yang dihelat di Stade de France, Paris. Laga panas Perancis kontra Portugal dijadwalkan kick-off mulai pukul 02.00 Wib dan tayang live di RCTI.

Duel hidup-mati sudah pasti disuguhkan dua kubu, skuad Les Blues Perancis selaku tuan rumah dan tim tamu skuad Seleccao Portugal.  Kedua tim yang sama-sama berambisi mengangkat Piala Eropa

Sebelum sampai ke babak final Euro 2016, kedua tim harus lebih dulu lalui perjuangan berat dari mulai fase penyisihan hingga putaran semifinal. Portugal yang datang sebagai tim yang kurang diunggulkan, terlihat tampil kurang greget di fase penyisihan. Terbukti, Ronaldo dan kawan-kawan selalu menuai hasil imbang tanpa satu kemenangan. Beruntungnya, skuad Seleccao masih berhak lolos ke putaran 16 besar dengan gelar tim peringkat tiga terbaik.

Dari babak 16 besar hingga semifinal, lagi-lagi keberuntungan nampaknya menaungi Portugal. Usai menyingkirkan Kroasia dan Polandia, armada Fernando Santos kembali sukses meraih hasil positif dengan melibas salah satu tim kuda hitam Wales melalui kemenangan 2-0. Hasil tersebut mengantarkan Portugal melangkah di babak grand final.

Sementara itu, sebagai tuan rumah, Perancis tentu saja tidak ingin kehilangan harga diri mereka. Dua kemenangan dan sekali hasil imbang mampu diraih Antonio Griezman dan kawan-kawan di fase penyisihan.

Selanjutnya di putaran 16 besar, skuad Ayam Jantan ini berhasil menyingkirkan tim kuda hitam Irlandia. Di babak perempat final, performa anak asuh Didier Dechamps semakin mengganas dengan menggilas Islandia melalui kemenangan telak 5-2, sekaligus mengantarkan mereka lolos ke semifinal.

Pertarungan berat Perancis belum selesai. Pasalnya, di babak semifinal tim identik kostum biru ini harus menghadapi lawan berat, Timnas Jerman. Kendati sempat dibuat keteteran meladeni permainan taktis skuad Der Panser, teapi akhirnya Perancis mampu menyingkirkan anak asuh Joachim Loew melalui kemenangan 2-0 berkat sumbangan sepasang gol dari Greizman.

Laga final Euro 2016 antara Portugal versus Perancis kali ini sangat layak dinantikan penggemar sepak bola seluruh dunia. Pasalnya, Portugal yang bukan menjadi kandidat utama juara tampil impresif dan melangkah ke final. Sementara, Perancis dengan dukungan penuh para suporternya dan bermain di kandang sendiri tentu menjadi keuntungan tersendiri.

Jika dilihat dari head to head kedua kubu pada lima pertemuan terakhir, Perancis masih unggul dengan empat kali kemenangan dan sekali hasil imbang. Pertemuan terakhir terjadi di 2015 lalu ketika Perancis menang tipis dengan skor 0-1.

Dari kondisi skuad Portugal, semua pemain siap tempur di laga ini kecuali bek tangguh Pepe yang cedera ringan. Diharapkan, Pepe bisa kembali pulih dan bermain di partai final ini. Sementara, di kubu Perancis tidak ada satu pun pemain yang mengalami masalah dan siap tempur untuk mengangkat piala pada laga final dini hari nanti.

Nous devons gagner! Kami harus menang! Teriakan itu sudah terdengar marak dari jutaan penggemar dan pendukung Perancis.

Head to Head Perancis vs Portugal:

04/09/2015 Portugal 0-1 Perancis

11/10/2014 Perancis 2-1 Portugal

05/07/2006 Portugal 0-1 Perancis

25/04/2001 Perancis 4-0 Portugal

28/06/2000 Perancis 1-1 Portugal

Prediksi Susunan Pemain:

Portugal (4-1-3-2): Patricio, Soares, Carvalho, Fonte, Eliseu, Pereira, Silva, Sanches, Mario, Nani, Ronaldo.

Perancis (4-3-3) : Lloris, Sagna, Rami, Koscielny, Evra, Matuidi, Kante, Pogba, Griezmann, Giroud, Payet.

Komentar

Check Also

PSM Makassar Gasak Tamunya Persipura Jayapura 4-0

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Tim kesebelasan kebanggan mayarakat kota Makassar, berhasil membekuk tamunya, Persipura Jayapura dengan skor …

Share This
Mediawarta