General Manager Hotel Pesonna Makassar, Ali Hidayat (empat dari kiri), saat berfoto bersama staf dan karyawan Pesonna.

Segmentif berkonsep halal, Hotel Pesonna sukses raup pasar Muslim

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Segmentif berkonsep halal, Hotel Pesonna sukses raup pasar Muslim. Sekitar 60 persen pasar ini sudah diambil hotel yang belum genap berdiri setahun di Makassar.

Menilik sukses tersebut, salah satu sukses bisnis seperti ditulis pendiri Tuft and Needle, JT Marino dan Daehee Park, sebuah perusahaan e-commerce keperluan rumah tangga dalam sebuah literatur yang diterbitkannya, mengungkapkan rahasia sukses bisnis perusahaannya lantaran fokus pada satu line up bisnis saja.

Dalam ulasannya, mereka menyebut waktu lebih berharga ketimbang uang. Mengalihkan fokus bisa menjadi malapetaka pada bisnis yang tengah digarap. Secara prinsip, apa yang dilakukan manajemen Pesonna mirip proses bisnis Tuft and Needle yang fokus dan segmentif.

Hadir sejak Desember 2016, Hotel Pesonna Makassar mendapat respons yang sangat baik, terutama konsumen dari kalangan Muslim. Kendati demikian, sebut General Manager Pesonna, Ali Hidayat, pihaknya tidak menutup diri dari pelanggan dari kalangan non-Muslim.

“Secara bisnis, tidak ada perbedaan dibandingkan hotel konvensional lainnya. Hanya, dari segi konsep kami memang mengusung ‘halal and lifestyle’. Ini berarti, semua makanan maupun minuman yang kami sediakan dijamin halal dan nonalkohol. Selain itu, semua karyawan wanita kami menggunakan jilbab. Perbedaannya hanya itu. Jadi, silakan siapapun tamu yang ingin menginap di Pesonna, kami perbolehkan,” paparnya saat ditemui di sela acara Halalbihalal Pesonna, Jalan A Mappanyukki, Makassar, Kamis (21/7/2016).

Baca Juga:   Pertamina MOR VII Terapkan Work From Home Untuk Cegah Penyebaran Virus Corona

Bahkan, Ali mengungkapkan, dari sekian tamu yang menginap rata-rata berasal dari segmen pebisnis. Selain itu, pelayanan yang baik serta keramahtamahan khas Pesonna juga menjadi salah satu daya tarik hotel pihaknya.

“Kami juga memiliki satu kelebihan dibandingkan hotel lainnya. Semua kamar di Pesonna tersedia perangkat salat, baik sajadah maupun mukena. Jadi, silakan bagi tamu yang beragama Islam untuk menggunakannya,” imbuhnya.

Proyeksinya, manajemen Pesonna akan membuka beberapa cabang di Indonesia, antara lain di Yogyakarta, Semarang, Tegal, dan Pekalongan. “Manajemen memang menargetkan dapat membuka 15 unit di tahun ini,” tutup Ali.

Novianti/Foto: Ahmad Alia

Komentar

Check Also

PLN Himbau Masyarakat Jangan Mudah Percaya Promo Alat Penghemat Listrik

MEDIAWARTA.COM – PLN menghimbau agar masyarakat tidak mudah percaya promosi alat yang dapat menghemat tagihan …

Share This
Mediawarta