Ini Bahan Busana yang Disarankan Desainer agar Nyaman Dipakai Lebaran

MEDIAWARTA.COM – Momen Idul Fitri menjadi ajang silaturahmi dan berkumpul bersama seluruh keluarga besar. Dengan banyaknya kegiatan dalam satu hari tersebut, kenyamanan busana tentu menjadi hal yang tidak boleh diabaikan.

Jika tengah mempersiapkan busana untuk keperluan Lebaran, sebaiknya perhatikan material baju pilihan. Salah satu yang bisa dipilih adalah bahan polyester yang kini banyak direkomendasikan desainer ternama Tanah Air.

“Di industri kain sekarang itu lagi banyak dicari bahan polyester. Saat ini, dibuat lebih sejuk di kulit, tidak panas, dan trennya berbeda dibandingkan yang dulu,” ungkap salah seorang desainer nasional, Restu Anggraini dalam keterangan tertulisnya kepada beberapa media terkait model busana yang ia gagas untuk Lebaran  tahun ini .

Selain Restu, bahan polyester yang elastis juga disarankan desainer lain seperti Dian Pelangi dan Mel Ahyar. Tak hanya karena bahannya sejuk dipakai saat cuaca panas, namun juga tidak menyerap bau.

“Misalnya, ada asap bakar sate atau asap kendaraan selama di perjalanan, bahan-bahan serat alam lebih mudah menyerap baru, beda dengan polyester,” alasan Dian.

Baca Juga:   Malam ini, Tayang Perdana Film Series "Badboys" Garapan Kingdoms

Selain polyester, para desainer juga menyarankan untuk memilih bahan lain yang juga nyaman dan mudah dibawa bepergian, dalam artian tak perlu disetrika saat dikeluarkan dari koper ataupun tas.

Beberapa di antaranya, katun, rayon, crepe atau linen yang memang memiliki tektsur berkerut. Seseorang juga perlu memperhatikan tempat tujuan sebelum memilih bahan busana Lebaran, juga bersifat versatile atau dapat digunakan dalam banyak kesempatan.

Lantas, bagaimana dengan busana Lebaran berbahan syifon atau satin? Beberapa desainer tidak begitu menyarankan busana bahan satin karena mudah terlihat berkerut dan meninggalkan bekas ketika terkena air atau keringat. “Bahan satin sebaiknya dipakai untuk hijab agar terkesan glamour,” imbuh Restu.

Namun jika pilihan jatuh pada kaftan atau baju Muslim berbahan syifon, maka sebaiknya pilih dalaman berbahan kaus yang cepat menyerap keringat, seperti katun spandex.

Sumber: wolipop/Foto: Effendy Wongso

Komentar

Check Also

Pertamina Gelar Talk Show Hidup Sehat Bareng Ade Rai

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Salah satu acara di Opening Ceremony, dibidang kesehatan yang digelar oleh Pertamina …

Share This
Mediawarta