Jaringan Lancar Selama Libur Lebaran, Layanan Data XL Semakin Diminati

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Layanan social media dan instan messaging (IM) semakin menjadi sarana utama masyarakat dalam bersilaturahmi selama libur Lebaran sepekan kemarin. PT XL Axiata Tbk (XL) melaporkan, dari total trafik layanan data, menunjukkan pemakaian terbesar adalah untuk melakukan streaming, yaitu sebesar 40 persen dari total layanan, web browsing 22 persen, serta akses ke social media 21 persen.

Trafik penggunaan social media sebesar 300 TB, meningkat 32 persen dibandingkan hari normal tahun ini. Sementara itu, penggunaan IM mencapai 38 TB, naik 33 persen dibanding hari normal. Secara keseluruhan, trafik data meningkat sekitar 130 persen dibanding libur Lebaran tahun sebelumnya.

Chief Service Management Officer XL, Yessie D Yosetya mengatakan, seperti yang sudah diprediksi sebelumnya, social media dan IM akan semakin banyak dipakai untuk bersilaturahmi saat Lebaran. Demikian juga, masyarakat termasuk pelanggan XL akan semakin membutuhkan layanan data untuk bisa mengekpresikan dirinya dalam merayakan Lebaran.

“Jadi tidak heran jika angka upload dan download material foto dan video juga meningkat,” terangnya kepada MediaWarta.com, Senin (11/7/2016).

Meningkatnya penggunaan layanan data tersebut juga dipengaruhi meningkatnya kecenderungan pelanggan untuk memanfaatkan layanan telepon/percakapan berbasis data, yakni layanan VoIP (Voice over Internet Protocol).

Penggunaan layanan VoIP mencapai 17,5 TB, meningkat sebesar 121 persen dibandingkan hari biasa tahun ini. Termasuk dalam layanan VoIP ini di antaranya Google Talk, KakaoTalk, WhatsApp call, BlackBerry call, Skype, dan sebagainya.

Trafik layanan social media Facebook, Instagram, Path, Twitter, serta Line meningkat cukup signifikan. Trafik Facebook  127,4 TB naik 19 persen dibandingkan hari biasa. Instagram 123,4 TB meningkat 32 persen, Path meningkat 53 persen, Twitter meningkat 40 persen, serta Line meningkat 32 persen. Sementara itu, IM WhatsApp naik 24 persen dibanding hari biasa, sementara BBM relatif stabil.

Yessie menambahkan, dalam 4 tahun terakhir memang terjadi pergeseran konsumsi layanan telko untuk berkomunikasi oleh masyarakat Indonesia.  Masyarakat semakin suka memanfaatkan layanan data dibandingkan dengan layanan percakapan (voice) atau layanan SMS.

Selama periode Lebaran, pihaknya juga terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, termasuk menangani berbagai keluhan dan pertanyaan yang disampaikan pelanggan. Pasalnya, layanan pelanggan (contact centre) XL Centre dan Xplor tetap beroperasi seperti biasa saat libur Lebaran.

“Rata-rata, jumlah pelanggan yang menyampaikan keluhan per harinya selama Lebaran menurun sekitar 30 persen dibandingkan rata-rata keluhan yang disampaikan pada hari biasa,” imbuh Yessie.

Wahyu Singgih Nugraha/Foto: XL Axiata

Comment