Foto: Dok PSM Makassar

Pemain Asing PSM Makassar Dikontrak Hanya Sampai Putaran Kedua ICS A 2016

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Pemain asing PSM Makassar, masing-masing dua dari Belanda, satu Korea Selatan (Korsel), dan satu Brasil telah menandatangani kontrak bersama manajemen PT Persaudaraan Sepakbola Makassar (PSM) yang diwakili Chief Executive Officer (CEO) PT PSM Munafri Arifuddin, Direktur Klub PSM Makassar, Sumirlan, Media Officer PSM Makassar, Ramli Manong, dan Sekretaris Tim PSM Makassar Ruslan di Menara Bosowa, Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, Rabu (13/7/2016) siang.

Keempatnya, Kwon Jun, Ronald Hikspoors, William Pluim, dan Luiz Ricardo sudah selesai menandatangani kontrak kerja sama untuk bermain di tim Juku Eja dalam kompetisi ICS A 2016. Selain keempat pemain asing, seorang pemain lokal asal Papua, Titus Bonai (Tibo), juga dalam waktu dekat akan teken kontrak. Tibo bahkan sudah ikut latihan kemarin di Lapangan Kodam VII Wirabuana, Jalan Jenderal Sudirman, Makassar.

Pasca penandatanganan kontrak, empat pemain asing tersebut resmi menjadi bagian dari tim PSM Makassar. Dengan selesainya kontrak itu pula, maka keempat pemain sudah bisa didaftarkan ke operator PT Gelora Trisula Semesta (GTS) sehingga putaran kedua nanti mereka bisa dimainkan.

Munafri saat ditemui seusai kontrak, menuturkan keempat pemain asing dikontrak sampai putaran kedua selesai akhir tahun ini. “Keempatnya sudah deal dan telah teken kontrak, hanya sampai putaran kedua,” bebernya.

Ia menambahkan, keempat pemain asing tersebut, bersama pemain lokal lain akan dievaluasi di akhir putaran kedua berdasarkan hasil pencapaian mereka di akhir turnamen.

“Setelah itu, pasti kami evaluasi. Ini lumrah dilakukan setiap kompetisi atau turnamen berakhir,” jelas Appi, sapaan akrab Munafri.

Munafri membeberkan, dengan kontrak “pendek” yang dilakukan pihaknya, berarti berarti keempat pemain asing tersebut belum tentu bersama Tim Ayam Jantan hingga tahun depan.

“Semua tergantung kontribusi mereka pada tim di putaran kedua nanti. Apalagi, manajemen dan suporter menginginkan PSM Makassar bisa berprestasi lebih baik setelah di pertengahan putaran pertama saat ini tengah terseok-seok hingga menduduki peringkat 16 klasemen sementara Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016,” ulasnya.

Terkait kontrak yang dianggap pendek tersebut, Munafri memaparkan hal tersebut ditempuh sebagai parameter kinerja tim. “Mereka tentu harus membuktikan diri kalau layak di tim ini hingga tahun depan. Tentu, untuk melanjutkan kerja sama (dikontrak), harus berdasarkan hasil bagus yang dicapai pada putaran kedua. Ini juga berlaku untuk pemain lokal, tidak hanya Kwon Jun cs,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Klub PT PSM, Sumirlan bersyukur keempatnya sudah teken kontrak. Untuk itu, ia berharap Pelatih Kepala PSM Makassar, Robert Rene Alberts mampu kembali mengangkat prestasi tim, sehingga tidak semakin terpuruk.

“Kalau pelatih optimis, maka kami dari manajemen juga optimis. Dengan demikian, tentu hasil akhir pencapaian nanti akan ada evaluasi atas kinerja tim,” tuturnya.

Sekadar diketahui, masuknya keempat pemain asing itu mengemuka setelah Pelatih Kepala PSM Makassar, Robert Rene Alberts mencoret empat pemain asing PSM sebelumnya, Boman Aime, Lamine Diarrasouba, Alex da Silva, dan Paulo Martins. Keempatnya, bahkan bermain tidak sampai setengah putaran pertama ISC A 2016.

Komentar

Check Also

Tim Asal Makassar, Superbad FC Persiapan Tour Jakarta

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Tim non profesional asal Makassar, Superbad FC, melakukan persiapan jelang tournya ke …

Share This
Mediawarta