Berkenalan dengan Pendiri Nintendo yang Keluarkan Pokemon Go

MEDIAWARTA.COM – Siapa yang tidak tahu Pokemon GO? Game virtual mobile ini sekarang sangat populer di seantero dunia lantaran pendiri Nintendo Fujasiro Yamauchi yang kreatif. Itu berkat sistem permainannya yang menarik, dan tentu saja keberadaan karakter lucu Pokemon di dalamnya. Pokemon diperkenalkan pada tahun 1996 di Jepang untuk Game Boy buatan Nintendo. Saat itu, Nintendo memang sedang naik daun dan dikenal sebagai salah satu perusahaan game terbaik.

Siapa sangka, jauh sebelum karakter Pokemon diciptakan, Nintendo sudah berdiri selama satu abad lebih, tepatnya sejak tahun 1889. Perusahaan itu didirikan oleh Fujasiro Yamauchi, yang diawali dengan mendirikan sebuah toko kartu Hanafuda bernama “Ninteno Koppai”.

Fujasiro Yamauchi lahir pada 22 November 1859 di Jepang, dan terlahir sebagai seorang pengusaha. Pada akhir abad ke-19, warga Jepang sudah bosan dengan permainan kartu yang itu-itu saja, karena pemerintah Jepang melarang permainan kartu dari negara asing, untuk mencegah aktivitas perjudian. Fujasiro berinovasi dengan memperkenalkan Hanafuda, sebuah permainan kartu yang diterima oleh pemerintah, karena kartu ini menggunakan ilustrasi, bukan nomor.

Seiring dengan perkembangan usahanya, Fujasiro mengembangkan bisnisnya ke beberapa bidang baru, seperti penginapan dan perusahaan taksi. Pada tahun 1929, Fujasiro selaku pendiri Nintendo, memutuskan untuk pensiun dan mewariskan posisinya pada Sekiryo Kaneda, yang kemudian mengubah namanya menjadi Sekiryo Yamauchi. Untuk 11 tahun berikutnya, Fujasiro tidak pernah menyentuh lagi bisnis ini, dan meninggal pada tahun 1940 karena penyakit stroke.

Pada tahun 1963, Yamauchi mengubah nama perusahaan Nintendo Playing Card Company Limited menjadi Ninteno Company Limited. Itu karena melihat masih banyak kesempatan bisnis lain di luar permainan kartu. Sepanjang tahun 1963 hingga 1968, mereka bereksperimen dengan mencoba masuk ke industri lain, seperti perusahaan jaringan TV, makanan instan, hingga Love Hotel.

Nintendo mulai memasuki industri gaming pada tahun 1974, sejak mendapatkan hak untuk mendistribusikan Magnavox Odyssey di Jepang. Pada tahun 1977, perusahaan mulai membuat sistem video game milik mereka sendiri, bernama Color TV Game.

Awalnya, Nintendo hanya mendapatkan keuntungan yang sedikit. Tapi dengan dibuatnya game legendaris Donkey Kong pada tahun 1981, Nintendo langsung dikenal secara luas berkat kesuksesannya yang membuat konsol game lain seperti Atari 2600, Intellivision, dan ColecoVision ingin mengadaptasi game tersebut dan memberikan keuntungan besar bagi Nintendo.

Pada tahun 1980, Nintendo meluncurkan Game & Watch yang sukses di pasaran, dilanjutkan dengan Gamicom pada tahun 1983, dan sukses besar berkat game yang sangat terkenal Super Mario Bros. Akhirnya, pada tahun 1989, Nintendo mengeluarkan produk anyar Game Boy. Produk ini menjadi platform dimana Pokemon bisa dimainkan untuk pertama kalinya pada tahun 1996.

Sampai saat ini, Nintendo terus memperkenalkan teknologi baru seperti Nintendo Wii dan Nintendo DS beserta game-game khas mereka, seperti Mario Kart, Splatoon, Legend of Zelda, dan tentu saja, Pokemon GO. Semua itu bisa terjadi berkat aksi seorang pria yang membuka toko permainan kartu sejak satu abad yang lalu.

Komentar

Check Also

Berapa Jumlah Kalajengking Untuk Menghasilkan Racun Kalajengking Seharga 145 Milyar

MEDIAWARTA.COM – Mungkin banyak yang bertanya berapa jumlah Kalajengking untuk menghasilkan 1 liter racun kalajengking …

Share This
Mediawarta