Ini Rahasia Kesuksesan Pokemon Go yang Hipnotis Gamers Dunia

Foto: andoroidcentral.com

MEDIAWARTA.COM – Apa rahasia kesuksesan Pokemon Go? Bermain Pokemon Go memang seru. Pemain diajak berjalan-jalan sambil berburu monster imut Pokemon yang seolah benar-benar ada di dunia nyata.

Pokemon Go memadukan video yang ditangkap kamera ponsel dengan grafik komputer dan menampilkannya di layar gadget.

Teknologi yang dikenal dengan nama Augmented Reality (AR) inilah yang disinyalir menjadi kunci popularitas game tersebut, sebagaimana dikutip dari Kompas, Kamis (14/7/2016) yang bersumber dari Pacific Standard.

“Augmented Reality (AR), sebuah aplikasi yang tidak memisahkan pengguna dari realitasnya, tetapi justru menggunakan realitas itu dan mengubahnya menjadi sebuah permainan yang menarik,” sebut sebuah studi psikologi di jurnal Computers and Education pada 2013 lalu.

Seperti dilansir, efek tersebut bisa menimbulkan rasa terkejut dan penasaran di kalangan penggunanya. Anak-anak terutama, menyukai paduan dunia nyata dan dunia virtual lewat AR.

Berbeda dibandingkan Virtual Reality (VR), AR tidak memerlukan peralatan khusus seperti headset berharga mahal. Cukup bermodal smartphone yang sudah banyak dimiliki banyak pengguna gadget.

Profesor marketing dari York University di Toronto, Russel Belk, mengungkapkan, penerapan teknologi AR dipadu konektivitas smartphone ke dunia maya, paling tidak membuat kegiatan berburu dan mengoleksi Pokemon jadi semakin mengasyikan.

Keberhasilan berburu Pokemon pun bisa disebarkan lewat berbagai media sosial, seperti yang marak terjadi belakangan ini. “Hal tersebut menjadi bahan percakapan. Ditambah lagi Pokemon bisa selalu Anda bawa ke manapun,” imbuhnya.

Comment