Foto: orosend.com

Sulit tidur, ini tips agar dapat tidur lebih rileks dan pulas

MEDIAWARTA.COM – Sulit tidur, ini tips agar dapat tidur lebih rileks dan pulas. Kurang istirahat di malam hari adalah permasalahan yang terjadi di negara maju maupun berkembang. Seiring baiknya perekonomian suatu negara, biasanya masyarakatnya memiliki etos kerja yang mengalahkan jam istirahat mereka.

Dilansir dari data Centers for Disease Control and Prevention, 50 juta hingga 70 juta orang dewasa di Amerika Serikat (AS), tidak bisa memejamkan mata di malam hari.

Menurut dokter dengan nama akun Reddit, ICUDOC, seperti dikutip dari merdeka.com, yang ingin membantu para penghuni internet yang susah tidur, mengungkapkan kesulitan tidur disebabkan gaya hidup modern yang menjejali kita dengan konten digital setiap harinya.

“Digital bahkan bisa kita konsumsi di kala tubuh sebenarnya butuh istirahat. Mulai televisi ketika bangun tidur, mendengarkan musik, atau podcast di perjalanan menuju kantor, Facebook, dan berbagai jejaring sosial ketika istirahat makan siang. Bahkan, ketika pulang ke rumah, biasanya kita langsung menuju TV, DVD film, atau Youtube,” terangnya.

Hal ini menyebabkan kita sulit mendapatkan ketenangan. Ada saja gangguan ketika kepala menyentuh bantal. Oleh karena itu, untuk mendapatkan ketenangan dan istirahat yang cukup, seseorang diimbau menjauhkan berbagai hal terkait digital. Pasalnya, menjaukahkan diri dar gadget kala hendak beristirahat sangat baik untuk porsi tidur yang mumpuni.

Dilansir dari National Sleep Foundation, tertidur akan lebih mudah jika Anda mendedikasikan setengah jam untuk aktivitas yang rileks, seperti membaca buku tepat sebelum tidur. Matikan lampu dan putuskan hubungan dengan perangkat elektronik, karena radiasi layar membuat tubuh sulit untuk masuk ke mode tidur.

Baca Juga:   Lantamal VI Berlakukan Thermoscan di Pintu Masuk Untuk Cegah Penyebaran COVID-19

Berikut beberapa aktivitas yang dapat dilakukan agar tubuh dapat rileks sebelum beristirahat penuh, di antaranya meditasi. Meditasi sudah sejak lama terkenal sebagai sesuatu yang bisa dilakukan untuk menjauhkan stres, melepaskan amarah, bahkan jadi insan yang lebih “bijak”. Bermeditasi sejenak merupakan cara yang baik agar Anda bisa tenang. Setelah rileks, tentu peluang tidur lebih nyenyak bukan masalah lagi.

Menulis diari adalah hal yang bisa dilakukan untuk merilekskan pikiran setelah lelah bekerja seharian. Aktivitas yang tergolong “jadul” ini akan membantu seseorang melepas stres. Ini juga sangat bermanfaat jika Anda menjadikan keseharian sebagai sumber dalam karya-karya Anda di luar pekerjaan.

Berolahraga ringan dengan yoga selama beberapa menit sebelum tidur, bisa meningkatkan kualitas tidu, dan membuat Anda terlelap lebih cepat. Bahkan, National Sleep Foundation menunjukkan, seseorang yang berolahraga ringan sebelum tidur memiliki kualitas tidur lebih baik dibandingkan orang yang tidak pernah berolahraga.

Beribadah bisa dilakukan kapan saja. Beribadah tentu membuat kita lebih tenang, dan hal ini sangat baik untuk menjaga kualitas tidur Anda. Sementara, membuat agenda harian dan jadwal kegiatan untuk keesokan harinya juga dianggap dapat merilekskan tubuh.

Pasalnya, kita akan lebih siap dan tenang dalam menghadapi tugas-tugas di esok harinya. Paling tidak, kita tidak berbeban pikiran lantaran semua tugas itu sudah dipersiapkan dengan baik. Ini sekaligus manajemen waktu yang baik.

Komentar

Check Also

Meningkatkan Kesadaran Penyakit Demensia

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA – Alzheimer’s Disease International (ADI) memberikan kepercayaan dan penghormatan kepada Indonesia untuk menjadi tuan …

Share This
Mediawarta