Home / OTOMOTIF / AHM aktifkan sociopreneur Mitra Satu Hati guna lahirkan UKM tangguh

AHM aktifkan sociopreneur Mitra Satu Hati guna lahirkan UKM tangguh

MEDIAWARTA.COM, JAKARTA – AHM aktifkan sociopreneur Mitra Satu Hati guna lahirkan UKM tangguh. PT Astra Honda Motor (AHM) mengadakan program training sociopreneur bagi Mitra Satu Hati yang tergabung dalam UKM binaan AHM dan anak perusahaan untuk menyiapkan pengusaha yang tangguh, cerdas, dan mampu memberikan kontribusi tinggi untuk negeri.

Untuk membangun mental kerja nyata sociopreneur tersebut, AHM memberikan pelatihan bagi 31 orang Mitra Satu Hati berupa motivasi sociopreneur, cara manajemen usaha, manajemen keuangan, cara pengembangan bisnis, manajemen pemasaran, hingga pembangunan karakter pengusaha berkepedulian sosial sebagai bentuk kerja nyata bagi negeri. Rangkaian kegiatan sociopreneur ini digelar di Bandung, Jawa Barat, Jumat ‎(19/8/2016) lalu.

Dalam rangkaian training sociopreneur tersebut, AHM turut menyumbang mesin jahit dan mesin obras sebagai bentuk dukungan pengembangan usaha bagi Mitra Satu Hati konveksi dari Subang, Jawa Barat.

Deputy Head of Corporate Communication AHM menyatakan perusahaan mendorong Mitra Satu Hati untuk terus berkembang secara ekonomi melalui berbagai pendampingan, pelatihan, dan dukungan sarana prasarana. AHM juga senantiasa membina mental wirausaha yang tangguh dan peduli agar dapat berkontribusi langsung membangun bangsa.

“Kami berusaha menemani masyarakat yang memiliki semangat berwirausaha agar mereka lebih profesional dan bisa melahirkan multiplier effect yang bermakna bagi pihak lain. ‎Kami fasilitasi mereka agar lebih profesional dengan kemampuan manajerial yang lebih baik,” ujarnya.

AHM telah menjalankan program Sociopreneur Mitra Satu Hati melalui berbagai kegiatan. Di Desa Dangdeur Purwakarta, AHM mengembangkan Waserba Sahate, minimarket yang merekrut pegawai dari masyararakat sekitar serta menjual produk-produk milik UKM binaan AHM.

Sebagian keuntungan penjualan juga dimanfaatkan untuk beragam aktivitas sosial masyarakat di sana. Di Desa Wanakerta Purwakarta, AHM bekerja sama peternak lokal mengembangbiakkan domba garut. Hasil pengembangbiakkan domba garut tak hanya dijual, sebagian diserahkan ke peternak lainnya untuk turut berwirausaha mengembangbiakkan.

AHM juga bermitra dengan Kelompok Kreatif Difabel (KKD) Bandung dengan memberikan pendampingan dan modal usaha bagi pemuda berketerbatasan fisik membuka Warung Beras KKD Satu Hati. Sebagian keuntungan digunakan untuk membuat kaki palsu gratis bagi masyarakat difabel yang membutuhkan.

Selain itu, AHM juga melakukan pembinaan serta pendampingan lingkungan di Kampung Berseri Sunter Jaya Jakarta Utara. Di sini, AHM berhasil melahirkan sociopreneur yang aktif memproduksi alat pembuat kompos dan pupuk untuk dijual namun tetap memiliki kepedulian berbagi ilmu usaha berbasis lingkungan bagi masyarakat lain yang membutuhkan.

Mitra Satu Hati juga berasal dari kelompok ibu dari Sunter Jaya Jakarta Utara, Cakung Barat Jakarta Utara, Desa Danau Indah Cikarang, dan Desa Kalihurip Karawang yang aktif membuat dan menjual beraneka kerajinan tangan.

Dalam mengembangkan program sociopreneur Mitra Satu Hati ini, AHM bekerja sama Yayasan Satu Hati, Sinergi Foundation, Saung Angklung Udjo Foundation, FIF Group, dan anak perusahaan AHM (PT Suryaraya Rubberindo Industries, PT Yutaka Manufacturing Indonesia, PT Showa Indonesia Manufacturing, dan PT Musashi Auto Parts Indonesia).

Komentar

Check Also

Kumala Group Bagikan Hadiah Umrah Selama Bulan Ramadhan

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Kumala Group sebagai dealer resmi dari berbagai merek otomotif seperti Wuling, Mazda, …