Home / KULINER / Asyik, martabak anak Presiden Jokowi sudah buka di Makassar
Foto: Istimewa

Asyik, martabak anak Presiden Jokowi sudah buka di Makassar

MEDIAWARTA.COM, MAKASSAR – Asyik, martabak anak Presiden Jokowi sudah buka di Makassar. Hampir semua orang menyukai martabak, baik martabak telur maupun manis. Tetapi, kalau yang jualan putra Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), rasanya bagaimana, ya? Sebelumnya, bisnis martabak yang mengambil nama “Markobar” yang singkatan Martabak Kota Barat kini ekspansi ke Kota Makassar.

Terhitung sejak Selasa (2/8/2016), gerai Markobar 1996 dibuka di Kota Daeng. Makassar menjadi kota kesembilan sebagai lokasi gerai setelah Solo, Yogyakarta, Semarang, Jakarta,  Bekasi, Surabaya, Bandung, dan Manado.

Di Makassar, gerai martabak rintisan Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming dibuka di Jalan Lombok. Gerai buka mulai pukul 17.00 hingga 23.00 Wita, sama dengan lainnya di seluruh wilayah Indonesia.

Martabak atau di Sulawesi dikenal “terang bulan” Markobar beda dibandingkan martabak manis lainnya. Pasalnya, selain merupakan jualan anak presiden, cita rasa martabak ini memiliki empat, delapan, hingga 16 rasa topping dalam satu porsinya. Itu yang khas, tetapi rasa topping bisa dipesan sesuai selera.

Di Makassar, terang bulan lazimnya hanya diberi topping taburan campuran kacang, gula, dan cokelat, serta susu kental manis dan parutan parutan keju, atau butiran cokelat dan keju. Akan tetapi, Markobar ini diberi diberi topping cokelat, keju, green tea, cokelat merek Van Houten, Cadbury, Chunky Bar, selai Nutella, dan biskuit merek Oreo.

Walau cokelat hanya sejenis, namun rasa khas setiap merek berbeda. Ini karena cita rasa masing-masing cokelat berbeda. Yang pasti, Markobar di setiap kota menjadi buruan kawula muda. Ada juga yang penasaran karena gencarnya promosi melalui media sosial.

Di kota lain, pembeli Markobar terkadang harus rela antre. Pengelola bahkan harus membuka layanan booking nomor antrean. Bagi yang tidak ingin repot karena harus keluar rumah, bisa melakukan pesan antar (delivery order), namun layanan ini baru tersedia di Semarang dan Solo. Ingin mencoba Markobar? Anda bisa membeli martabak yang dibanderol puluhan ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah per porsi ini. Tentu, harga berdasarkan jumlah dan jenis topping.

Komentar

Check Also

Manjakan Penikmat Kuliner, Waroenk Resto Kupang Luncurkan Ayam Bakar

MEDIAWARTA.COM, KUPANG – Keragaman kuliner Nusantara memang tidak ada habisnya. Hal inilah yang memperkaya khazanah …